Home / Headline / Selama Ramadhan, Kemacetan Tak Terbendung di Palembang

Selama Ramadhan, Kemacetan Tak Terbendung di Palembang


20150710_143606
  Palembang, BP
  Lebaran sebentar lagi, volume kendaraan mulai tinggi, kemacetan di sejumlah titik  di Kota Palembang kian tak terbendung. Namun sayang, petugas tak berdaya mengantisipasi kondisi ini
    Masalah klasik minimnya pengawasan lalulintas, arogansi pengendara, hingga penerapan kebijakan lalu lintas yang masih kurang menunjang kelancaran arus selalu menjadi kendala. Hasilnya, tujuh hari menjelang Lebaran, titik kemacetan terpantau kian tidak terkendali.
    Salah satu contohnya kekacauan lalu lintas terjadi di Jalan Radial kota Palembang simpang rusun, Jum’at (10/7) siang. Penumpukan kendaraan tidak bisa terhindarkan lantaran rambu lalu lintas tak dihiraukan para pengendara.
    Pantauan di lapangan, penumpukan kendaraan terjadi dari Simpang rambu lalu lintas Jalan Radial hingga ke arah Jalan Kapten A Rivai. Tidak ada kecelakaan lalu lintas yang terjadi hingga menyebabkan kemacetan panjang hingga bermeter-meter.
    Berdasarkan keterangan warga sekitar, Sahrul, kemacetan terjadi karena banyak kendaraan yang menuju ke arah mal. “Di sini kan ada Mall (PIM) dan pusat perbelanjaan (Ramayana) hingga yang ingin ke Palembang Square dan Palembang Icon. Sepertinya ini yang menyebabkan kemacetan,” terangnya.
    Warga lainnya, Sadam, mengaku kesal dengan kemacaten tersebut. “Saya langsung putar arah ke jalan Kambang Iwak. Kesel, lama nian macetnyo, tidak ada polisi jugo,” katanya. Hingga berita ini diturunkan, belum ada polisi lalu lintas yang menertibkan kendaraan guna mengurai kemacetan.
    Kejadian serupa terjadi di Jalan Kolonel Burlian, KM 5. Volume kendaraan yang melintasi jalan sejak pagi hingga siang hari makin padat merayap, sejumlah angkutan bus kota menurunkan penumpang sembarangan, hingga parkir kendaraan memakan jalan. Akibatnya sejumlah kendaraan harus antre cukup lama agar dapat melintas.
    Berdasarkan pantauan di sekitar Pasar KM 5, sejak pukul 09.00 hingga siang saat jam sibuk, jalan tidak dihuni petugas Dinas Perhubungan atau petugas lalulintas. Terpantau aparat lalu lintas lebih sering menghuni pos pengamanan di sejumlah persimpangan traffic light.
    Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Djarod Padakova ketika dihubungi HP-nya tak aktif.  Kapolresta Palembang Kombes Pol  Tjahyono Prawoto memastikan kalau selama Ramadhan pihaknya akan berkerja agar pelaksanaan Ramadhan di Palembang lancar, termasuk pengaturan lalu lintas. “Tolong di-support biar polisi ini yang berkerja,” katanya.
    Untuk mencegah gangguan kantibmas selama Ramadhan, menurut Kapolresta, pihaknya terbuka dengan komponen masyarakat yang lain untuk mengajak masyarakat tertib dan mengajak masyarakat untuk mengatur diri dan lingkungan. ” Kita lakukan razia, ceramah dan sebagainya,” katanya. #osk
x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...