Home / Headline / Jelang Pilkada Serentak, Pastikan PPDP Datang ke Rumah

Jelang Pilkada Serentak, Pastikan PPDP Datang ke Rumah

henny-susantih-spd-msi

Palembang, BP
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan sedang mempersiapkan tahapan Pencocokan dan Penelitian atau yang biasa disingkat Coklit. Tahapan ini akan dilaksanakan mulai 15 Juli sampai 19 Agustus mendatang.

 
Menurut Divisi Humas Komisioner KPU Sumsel Heny Susantih, saat ini tujuh kabupaten yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah semua sudah melakukan persiapan Coklit dengan baik, Kabupaten yang dimaksud yaitu Kabupaten Ogan Ilir (OI), Penukal Abab Lematang ilir (Pali), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, Musirawas, dan Musirawas Utara (Muratara).
“Persiapan yang dilakukan, antara lain, membentuk Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), mempersiapkan berbagai dokumen dan formulir coklit,  melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi PPK, PPS, dan PPDP, melakukan sosialisasi pemutakhiran data di tingkat kecamatan dan di tingkat desa dengan melibatkan pihak terkait,” kata Heny.

 

Proses ini harus sudah selesai dilakukan selambat-ambatnya tanggal 14 juli 2015 oleh KPU kabupaten sebagai penanggung jawab utama pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di daerahnya.
Pada kesempatan Sosialisasi dan Bimtek yang dilaksanakan KPU Kabupaten OKU lalu, data pemilih merupakan salah satu yang  sangat krusial dan strategis bagi penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati yang berkualitas.

 
Oleh karena itu, penyelenggara pemilihan harus berkomitmen kuat untuk melaksanakan proses pemutakhiran data pemilih yang lebih baik agar data yang dihasilkan lebih komprehensif, akurat, dan terkini.

 
Data pemilih yang berkualiatas tentunya akan mendorong proses dan hasil pemilihan yang lebih baik, sebaliknya data pemilih yang bermasalah akan menyebabkan proses dan hasil pemilihan yang dipertanyakan legitimasinya.
PPDP merupakan ujung tombak KPU dalam melaksanakan proses pemutakhiran data pemilih. Oleh karena itu PPDP memiliki peran penting dalam menyusun data pemilih yang berkualitas. Baik buruknya Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Kepala Daerah Serentak di Sumatera Selatan sangat tergantung pada kinerja PPDP di lapangan.
Jika PPDP bekerja dengan sungguh sungguh mengikuti prosedur dengan baik dalam proses Coklit, DPT Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serentak di Sumsel akan lebih baik dari DPT pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014 lalu.

 

Untuk memastikan proses pemutakhiran data berjalan dengan baik, KPU mengharapkan Panitia Pemungutan Suara (PPS) mengangkat  PPDP yang benar-benar mau bekerja, bukan asal tunjuk. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DPRD Sumsel Cek Keberadaan Tenaga Kerja Asing di PT Hok Tong

Palembang, BP  ISU tenaga kerja asing cukup mendapat sorotan. Terkait hal itu, anggota DPRD Sumsel asal Dapil I Kota Palembang ...