Home / Palembang / Rawan PHK Jelang MEA

Rawan PHK Jelang MEA

 

Palembang, BP

Daya saing sumber daya manusia (SDM) jelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dipastikan akan naik, sebab persaingan dunia industri akan makin menggeliat. Seiring dengan kebutuhan dan tenaga kerja yang masuk, maka akan berdampak pada rawanya Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

 

Demikian dikatakan Kepala Dinas Tenga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Palembang Gunawan. PHK ini menurutnya akan mudah terjadi bagi pekerja yang kemampuannya di bawah rata-rata. “Umumnya ini mudah terjadi pada tenaga kerja yang memiliki skill yang rendah, sehingga untuk bersaing lebih ketat terpaksa harus dilakukan PHK,” katanya.

Gunawan juga melihat kecenderungan tenaga kerja ini juga berakibat pada persaingan kualitas barang yang dihasilkan. Nantinya, barang di impor yang lebih baik denga harga murah akan mudah laku dipasaran, sehingga produk lokak yang belum baik dengan harga tinggi akan makin tergerus.

 

Dampak buruk dari persaingan ini pun, jika tidak ditanggulanggi akan berakibat pada bangkrutnya perusahaan alias gulung tikar karena kalah bersaing sehingga PHK akan lebih banyak terjadi.
Karena itu, sambung Gunawan pihaknya berharap agar SDM di Indonesia lebih berkualitas sehingga tidak kalah bersaing dengan SDM luar. Selain itu, dirinya juga berharap agar masyarakat lebih mencintai produk asli indonesia agar tidak kalah dengan produk luar.

“Bagaimana pun caranya, SDM kita harus lebih unggul jika tidak mau tertinggal, sehingga kualitas kerja juga akan menunjang perusahaan agar dapat terus eksis, sehingga pendapatan juga akan meningkat dan PHK ini tidak terjadi,” tukas dia. #ren

x

Jangan Lewatkan

Ratusan Koperasi Tinggal Papan Nama

Palembang, BP — Pertumbuhan koperasi di Kota Palembang terbilang cukup signifikan terutama yang dibentuk oleh masyarakat. Dari total 1082 hampir setengahnya ...