Home / Palembang / Dishub Ancam Tarik SKK

Dishub Ancam Tarik SKK

Palembang, BP

Dinas Perhubungan Kota Palembang menegaskan akan menarik Surat Keterangan Kecakapan (SKK) jika angkutan umum perairan tetap melakukan keberangkatan dengan muatan lebih menjelang mudik Lebaran tahun ini.

Jelang Ramadhan tahun ini diperkirakan aktivitas angkutan umum akan semakin tinggi. Salah satu angkutan dari sektor transportasi air terpantau masih mengabaikan keselamatan penumpang. Padahal transportasi air ini seharusnya memiliki tingkat keamanan (safety) lebih dibanding dengan angkutan darat.

“Kami akan tarik SKK, jika pengusaha angkutan ini mengabaikan arahan dan sosialisasi keselamatan dalam keberangkatan, termasuk jika berangkat dalam keadaan bermuatan lebih,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Palembang Masripin Toyib didampingi Kepala Bidang Hubungan Laut dan Angkutan Sungai dan Penyeberangan (ASDP) Dinas Perhubungan Syarifuddin.

Dia menjelaskan, selama ini pihaknya masih melakukan penindakan dalam upaya pembinaan sehingga belum mendapat efek jera bagi pelaku usaha yang nakal. Untuk kelengkapan keamanan pun padahal sudah diberikan cuma-cuma namun dengan berbagai alasan, alat-alat keselamatan tidak digunakan.

“Seperti lifejacket yang menjadi pelampung keselamatan penumpang, padahal sudah dibagikan kepada pengusaha angkutan untuk dipakai penumpang, namun dengan berbagai alasan penumpang tidak mau pakai, karena menganggap sudah bisa berenang,” katanya. #ren

x

Jangan Lewatkan

Ratusan Koperasi Tinggal Papan Nama

Palembang, BP — Pertumbuhan koperasi di Kota Palembang terbilang cukup signifikan terutama yang dibentuk oleh masyarakat. Dari total 1082 hampir setengahnya ...