Home / Headline / Kemarau Bikin Petani PALI Galau

Kemarau Bikin Petani PALI Galau

IMG20150704125557PALI, BP  
Musim kemarau setiap tahun pasti datang di negara tropis ini. Untuk tahun ini diprediksi bulan Agustus akan menjadi puncak kemarau panjang. Apalagi karena baru masuk bulan Juni dan Juli saja kemarau panjang sudah mengintai Sumatera Selatan, terutama Bumi Serepat Serasan.

Juli adalah bulan pertengahan musim kemarau. Tentu keluh-kesah warga, terutama petani padi dan karet yang mengandalkan air, akan nyaring. Sawah maupun lahan perkebunan karet mulai mengering, tanahnya mulai retak-retak,  daun pohon karet sudah mulai berguguran dan otomatis getah yang dihasilkannya semakin hari semakin menyusut.

Permasalahan petani ternyata bukan di situ saja. Harga getah tak kunjung naik, sementara beberapa kebutuhan pokok melonjak tinggi pada bulan puasa ini, apalagi menghadapi Hari Raya Idul Fitri.

Seperti yang dialami Mediologi (30), warga Jeramba Besi, petani karet asal Desa Jerambah Besi, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). Ia mengutarakan kegundahannya kepada BeritaPagi. Kalau biasanya setiap minggu penghasilan getahnya sekitar 150 kilogram, namun sekarang tinggal 90 kilogram, tentu ini penurunan yang dramatis.

“Kemarau buat aku kacau balau. Belum lagi hasil getah kebunku tinggal 90 kilogram per minggunya. Ditambah lagi harga getha terjun bebas ke dasar yang paling rendah,” keluh bapak dua anak itu.

Lanjut Logi, selain berkurangnya penghasilan getah, harga kebutuhan pokok melambung tinggi, jauh langit dan tanah dengan penghasilannya, hingga mengakibatkan sebagian besar petani meratap panjang.

“Nasib kami ini tergantung dengan harga karet, kami tidak bisa apa-apa, nak ngadu-ngadu kemano, kalu seperti ini, penghasilan getah nyusut, harga murah nian, sementara beras mahal apalagi dak lamo lagi nak menghadapi Hari Raya, waduuuuuh…,” kata Mediologi sambil mengusap keringat di pipinya, Kamis (9/7). #hab

x

Jangan Lewatkan

12 Desember Hingga 25 Desember, KPU Palembang Lakukan Verfikasi Faktual Calon Perseorangan

Palembang, BP KPU kota Palembang segera melakukan verifikasi lapangan terkait dukungan KTP atas dua Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Walikota dan ...