Home / Headline / Karang Taruna Komitmen Berantas Narkoba

Karang Taruna Komitmen Berantas Narkoba


 

BP/ARRACHIM KERJA SAMA-Penandatanganan kerjasama antara Karang taruna dengan BNN sekaligus buka bersama yang berlangsung diGriya Agung Palembang, Rabu (8/7)

BP/ARRACHIM
KERJA SAMA-Penandatanganan kerja sama antara Karang taruna dan BNN sekaligus buka bersama di Griya Agung Palembang, Rabu (8/7).

Palembang, BP

Untuk ikut serta dalam memberantas narkoba di Provinsi Sumatera Selatan, Karang Taruna Provinsi Sumsel melakukan penandatanganan MoU dengan Badan Narkotika Provinsi (BNP) Sumsel.

 

Ini sebagai bentuk wujud komitmen Karang Taruna dan seluruh komponen pemuda yang ada di Sumsel agar benar-benar lebih eksis dan kongkret dalam memberantas narkoba di Sumsel. Kesepakatan kerja sama ini digelar di sela-sela acara buka puasa bersama Keluarga Besar Karang Taruna dan temu silaturahmi komponen kepemudaan Sumsel di Griya Agung, Palembang, Rabu (8/7).

Penandatanganan MoU antara Ketua Karang Taruna Provinsi Sumsel Robby Kurniawan dan Kepala BNP Sumsel Brigjen Pol M Iswandi Hari. Dalam acara ini diberikan kenang-kenangan untuk para mantan Ketua Karang Taruna Sumsel.
Acara juga disaksikan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sumsel , mantan Ketua Karang Taruna Sumsel, tokoh masyarakat Sarjan Taher, Asisten I Pemprov Sumsel Ihwanuddin, ulama Solihin Hasibuan, pemuda seluruh Sumsel, dan para undangan.

Ketua Karang Taruna Sumsel, Robby Kurniawan, mengatakan, perjanjian ini menjadi bukti komitmen pihaknya dalam mendukung gerakan BNN dan pemerintah untuk membumihanguskan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda.
“Kita membangun komitmen bernama ‘Pemuda Bersatu Lawan Narkoba’. Karang Taruna akan membentuk tim menindaklanjuti darurat narkoba hingga ke level organisasi paling bawah. Bahkan sampai tingkat desa, Rw, dan RT,” ujarnya.
Menurut Robby, tiga program BNN juga akan dilakukan Karang Taruna. Mulai dari pencegahan, rehabilitasi, hingga penindakan. Karang Taruna berencana menggelar sosialisasi demi meningkatkan pemahaman tentang bahaya penggunaan obat-obatan terlarang.

“Kita membangun pemahaman dulu di kalangan pemuda bila ketergantungan terhadap narkoba adalah sesat. Bagi yang sudah terlanjur menggunakan, ada cara lain untuk sembuh dan berubah yakni rehabilitasi. Semua tindakan itu dilakukan Karang Taruna Sumsel mulai dari sekarang,” jelasnya.

Mantan Ketua Karang Taruna Sumsel Sarjan Taher menilai Karang Taruna Sumsel saat ini jauh lebih maju dari Karang Taruna di zamannya. “Ini artinya apa yang kami lakukan tempo dulu itu membuahkan hasil yang bisa dinikmati bersama. Kita selalu berdoa Karang Taruna ini pada saatnya nanti betul-betul menjadi ujung tombak pembangunan pedesaan karena pembangunan nasional ini lebih tertuju untuk menyejahterakan rakyat. 70 Persen masyarakat kita ada di desa-desa, maka ini PR besar bagi bung Robby dan kawan-kawan untuk menciptakan siatuasi yang lebih kondusif,” katanya.
Dia menilai Sumsel adalah provinsi yang strategis yang perlu di bangun Kerjasama dengan BNP Sumsel ini sangat strategis karena mencegah lebih baik dari pada penindakan.

 

Kepala BNN Sumsel Brigjend Pol Iswandi Hari, menambahkan, pihaknya menyambut positif niat dan tindakan masyarakat membantu pemerintah mengatasi darurat narkoba saat ini. Apalagi dukungan dari karang taruna sebagai organisasi kuat dan mengakar di kalangan anak muda.
“Masyarakat harus selalu diingatkan jangan sampai kena. Kalau sudah kena, sebenarnya bisa sembuh dengan niat yang besar mengikuti rehabilitasi,” ujar pria kelahiran Sidoarjo, Jawa Timur ini.

 

Asisten I bidang Pemerintahan Pemprov Sumsel Ikhwanuddin mendukung kegiatan Karang Taruna Sumsel dalam ikut memberantas narkoba.  “Kita utamakan pencegahan dengan menyosialisasikan dan memberikan contoh,” katanya.
Dia berharap pemuda Sumsel di motori Karang Taruna Sumsel dan organisasi lainnya serta instansi terkait merealisasikan niat baik untuk mencegah peredaran narkoba. Menurutnya jika sudah terkena narkoba mana susah untuk lepas lagi karena itu perlu dikedepankan program pencegahan.

 

Acara diakhiri dengan pembagian bantuan kepada anak yatim dan ceramah agama oleh ustad Solihin Hasibuan. #idz

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...