Home / Headline / 50 Sopir Dites Urin, 1 Positif Gunakan Narkoba

50 Sopir Dites Urin, 1 Positif Gunakan Narkoba

IMG_20150709_141949Banyuasin, BP
Guna mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, tidak kurang dari 50 sopir angkutan yang melintas di Banyuasin menjalani tes urine, Kamis (9/7), di Terminal Betung, Banyuasin.
 
Kapolres Banyuasin AKBP Julian Muntaha mengatakan, usai  gelar pasukan operasi ketupat, Satuan Narkoba Polres Banyuasin dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuasin langsung menggelar razia sekaligus test urine di Terminal Betung. “Hasilnya dari 50 sopir yang dilakukan tes, satu di antaranya positif dalam pengaruh narkoba. DD sopir AKDP jurusan Palembang – Sekayu tak berkutik ketika hasil test menunjukkan jika dirinya dalam pengaruh shabu dan ekstasi,” katanya.
Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian dan Kapolres mengecek langsung pelaksanaan razia dan tes urine.  Seluruh angkutan baik barang maupun penumpang yang melewati terminal Betung langsung menjalani tes kesehatan dan urine yang dijaga ketat oleh petugas Polres Banyuasin. 
 
“Razia gabungan ini menargetkan 50 sample tes urine dan pelayanan kesehatan, agar baik sopir maupun penumpang dalam keadaan nyaman menggunakan jalur mudik Jalintim Palembang – Betung,” kata Kapolres. 
 
Ditambahkan Kasat Narkoba Polres Banyuasin AKP Ikhsan Hasrul, dari razia yang dilakukan, petugas mendapati DD sopir bus angkutan kota dalam provinsi Palembang- Sekayu, positif menggunakan narkoba jenis ekstasi dan shabu-shabu. 
 
“DD sempat mengelak dugaan tersebut, namun tidak dapat berkutik ketika petugas menunjukkan hasil test pac yang menunjukkan jika urine DD mengandung ekstasi dan shabu- shabu,” tegasnya. 
 
Usai mengamankan tersangka DD, petugas langsung melakukan penggeledahan mobil yang dikendarai DD bernopol polisi BG 7002 B. Tapi dari pengeledahan petugas tidak menemukan barang bukti lain.
 
Menurut pengakuan DD, ia menggunakan narkoba saat menghadiri pesta orgen tunggal, dan tidak pernah mengonsumsi narkoba sebelum mengemudikan bus AKDP. “Untuk menyelamatkan penumpang, petugas mengalihkan penumpang ke bus lain, sementara DD terpaksa diamankan ke Mapolres Banyuasin untuk penyelidikan lebih lanjut,” katanya. #mew
x

Jangan Lewatkan

Ketua DPRD Sumsel Baca Puisi Kemanusiaan

Palembang, BP Koalisi Masyarakat Puisi Palembang meluncurkan antologi puisi ‘Luka Kemanusiaan untuk Rohingya’ yang diterbitkan oleh Yayasan Pustaka Indonesia. Peluncuran ...