Home / Sumsel / Lubuklinggau / Petugas TNKS Waspadai Puntung Rokok

Petugas TNKS Waspadai Puntung Rokok

Lubuklinggau, BP\
Petugas Taman Nasional Kerinci Sebelat (TNKS) wilayah V Kota Lubuklinggau mewaspadai kebiasaan oknum masyarakat membuang puntung rokok sembarang. Terlebih sekarang ini memasuki musim kering sehingga hutan mudah terbakar.

“Sampai kemarin belum ada laporan titik api (kebakaran) diwilayah TNKS seksi V. Tapi kami tetap mewaspadai dan menyosialisasikan kepada masyarakat jangan sampai membakar lahan diperbatasan TNKS serta membuang puntung rokok sembarangan. Itu sangat berbahaya karena memicu kebakaran hutan,” ujar Kepala TNKS Seksi V, Miskun, kemarin, Rabu (8/7).

Khusus di Kota Lubuklinggau, wilayah TNKS mencakup hampir keseluruhan Bukit Sulap. Dimana menurut sejarah luasannya mencapai sekitar 500 hektar. “Luasan itu dibagi menjadi sekitar 210 hektar untuk zona pemanfaatan oleh PT. Linggau Bisa, kemudian ada juga tradisional dan zona khusus,” bebernya.

Selain memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya laten kebakaran hutan, kata Miskun, pihaknya juga rutin melakukan patroli diwilayah TNKS. “Jumlah personil kita sebelumnya ada 23 orang, tapi sekarang tinggal 19 orang karena ada yang mutasi. Mereka selalu melakukan patroli tanpa dilengkapi senjata lantaran surat izinnya habis dan digudangkan di balai besar,” bebernya.

Dia pun meminta pihak aparatur desa dan pemerintahan melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan. “Kepada desa dan perangkatnya selalu kami minta untuk memberitahukan warganya supaya jangan membakar lahan didaerah perbatasan hutan dan membuang puntung rokok sembarangan,” pungkasnya. #kur

x

Jangan Lewatkan

Walikota Linggau Ancam Pecat Kepala Puskesmas

Lubuklinggau, BP Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe mengancam akan memecat kepala Puskesmas yang tersedar di delapan kecamatan jika ...