Home / Palembang / Perda Aset Sejarah Diusulkan

Perda Aset Sejarah Diusulkan

Palembang, BP

Pemprov Sumsel rencananya akan mengusulkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perlindungan Terhadap Aset Sejarah dan Budaya di Provinsi Sumsel agar berbagai aset dapat terlindungi dari pembangunan yang tidak terkendali.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumsel Irene Camelyn, Rabu (8/7). Menurut Irene, Pemprov Sumsel khawatir dengan keberadaan aset budaya dan sejarah di kabupaten/kota di Sumsel.

“Selama ini tidak ada Perda yang mengatur perlindungan aset tersebut. Karena itu akan diusulkan agar ada ancaman jika mengganggu aset sejarah dan budaya tersebut,” tegas Irene.

Dia menilai, keberadaan aset budaya dan sejarah harus benar-benar terlindungi secara hukum, meski selama ini sudah mendapat perlindungan dari perundang-undangan, namun lewat Perda maka pemerintah daerah dapat menerapkannya.

“Hingga diperoleh proteksi yang maksimal. Keberadaan aset sejarah dan budaya tetap dapat terjaga,” katanya. Meski Perda tersebut masih dalam tahap usulan, tambah Irene, pihaknya akan segera melakukan koordinasi dengan Komisi V DPRD Sumsel. “Kami akan koordinasikan, hingga Perda tahun ini dapat terealisasi,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi V DPRD Sumsel Fahlevi Maizano mengatakan, pihaknya menyambut baik jika pemerintah akan mengusulkan Perda tentang Perlindungan Aset budaya dan Sejarah di Provinsi Sumsel.
“Ya baru akan diusulkan, memang harus ada Perda yang maksimal menjaga aset sejarah dan budaya di Sumsel,” kata Maizano. Oosk

x

Jangan Lewatkan

Tambah Bus Trans Musi di Bandara

Palembang, BP — Persiapan menjelang Asian Games terus dilakukan. Salah satunya dengan menambah operasional armada Trans Musi di Bandara Sultan Mahmud ...