Home / Sumsel / Kemensos Gulirkan Program Perlindungan Perawatan Lansia

Kemensos Gulirkan Program Perlindungan Perawatan Lansia

Palembang, BP
Kementerian Sosial RI melalui Dinas Sosial Sumsel akan segera menggulirkan program homecare dan nursingcare (perawatan dan perlindungan) masyarakat lanjut usia (lansia). Hal ini dilakukan karena dana yang dimiliki Dinas Sosial provinsi maupun kabupaten/kota, seringkali tidak mencukupi untuk membiayai program pemberdayaan lansia.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Sumsel Belman Karmuda mengatakan, Kemensos akan memberikan bantuan berupa uang tunai beserta peralatan perawatan lansia di panti. Seperti tempat tidur khusus, peralatan medis, ataupun pispot.

Belman mengungkapkan, lansia yang akan menerima bantuan ini merupakan lansia yang sudah mengabiskan 90 persen hidupnya di tempat tidur, baik yang dirawat di panti, dirawat oleh keluarganya, dan terutama yang terlantar hidup sendirian.

“Kemarin Direktur Pelayanan Lanjut Usia Dirjen Rehabilitasi Sosial Kemensos RI Tuti Haryati sudah melakukan monitoring dan sosialisasi program ini di Panti Lansia Tresnawerda Wargatama, Kabupaten Ogan Ilir. Untuk tahun ini, program baru di ujicoba,” tuturnya, Rabu (8/7).

Untuk sementara, Kemensos baru akan menguji coba program tersebut di 20 provinsi termasuk Sumsel. Di Sumsel, ujicoba dilakukang kepada 20 orang lansia di Panti Tresnawerda Wargatama. Sementara program ini baru akan benar-benar digulirkan pada tahun anggaran 2016 mendatang.

Saat ini Kemensos intensif melakukan monitoring dan sosialisasi di seluruh provinsi sasaran. “Untuk anggaran yang diterima kita belum tahu karena programnya kan untuk tahun depan. Namun Mensos memang sedang fokus ke lembaga rehabilitasi dan panti. Jadi memang untuk panti-panti kedepannya akan lebih diperhatikan,” lanjutnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

Siap Mundur Jika 1 Tahun Jalan Di Banyuasin Tidak Mulus

Palembang,BP Anggota Komisi II DPRD Sumatera Selatan (Sumsel) yang juga bakal calon Bupati Banyuasin, Arkoni MD menegaskan, jika dirinya terpilih ...