Home / Bisnis / Jamkrida Gelontorkan Dana Penjaminan Rp182 M

Jamkrida Gelontorkan Dana Penjaminan Rp182 M

Palembang, BP
PT Jamkrida Sumsel hadir sebagai wujud nyata keberpihakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi (UMKMK) sebagai pelaku perekonomian di Sumsel.

Sejak Januari sampai Juni 2015, PT Jamkrida Sumsel sudah merealisasikan dananya dalam bentuk jaminan kepada masyarakat Rp182 miliar dengan jumlah nasabah 2.084 oran. “Untuk PAD ke Pemprov Sumsel setahun ini belum , tapi tahun kedua dan ketiga lah, karena OJK bilang tahun ke- 1 jangan diharap dulu tapi tahun ketiga baru. Karena terkait aturan basis pendapatan, karena pendapatan kita dibagi dengan lamanya penjaminan,” kata Dirut PT Jamkrida Sumsel Dian Askin Hatta ketika ditemui di DPRD Sumsel, Selasa (7/7).

Baca:  Kredit UMKM Masih Potensial

Terkait aturan OJK, pendapatan Jamkrida Sumsel dari Januari hingga Juni 2015, sudah hampir Rp5,8 miliar, tapi itu tidak bisa diakui pendapatan karena masih pendapatan kotor dan dibagi dengan lamanya penjaminan. Selain itu, selama ini Jamkrida Sumsel hanya bisa jalan di tempat karena hanya melakukan kerja sama dengan Bank SumselBabel (BSB).

“Ini karena modal kami hanya Rp25 miliar sedangkan kalau di Bank BUMN modal harus dipatok Rp100 miliar tidak boleh kurang dari sana, dengan penambahan modal kami bisa berlari, ” katanya. Karena itu peran Pemprov Sumsel sebagai pemegang saham BSB untuk memprioritaskan penjaminan di Jamkrida Sumsel walaupun Jamkrida Sumsel di nilai masih baru.

Baca:  Jamkrida Gelontorkan Dividen 50% Laba

“Enggak usah ragulah untuk menjaminkan ke tempat kita karena kita sama-sama BUMD. Kita berharap tahun depan BSB melihat kinerja kita dan profesionalisme kita, dan modal kita ditambah lagi,” katanya. Idealnya Jamkrida Sumsel, menurut Hatta, harus memiliki modal Rp100 miliar , karena dengan Rp100 miliar bisa ikut ke Bank BUMN yang ada di Sumsel dimana pangsa pasar UMKM di Bank BUMN ini cukup besar.
“Apalagi di 1 Juli kemarin sudah ada penjaminan KUR baru. Dulunya sampai Rp500 juta sekarang khususnya untuk usaha kecil yaitu Rp25 juta sampai Rp50 juta. Dulu sampai Rp500 juta dan banyak di salahgunakan. Itu KUR lama, kalau KUR baru itu Rp25 juta sampai Rp50 juta dan betul-betul mengena kepada usaha yang kecil-kecil,” katanya.

Baca:  Jamkrida-BPR Pasar Jalin Kerja Sama

Untuk kerja sama dalam bentuk saham di Jamkrida Sumsel, menurutnya, baru Palembang dan OKU.,” Palembang masih menunggu APBD perubahan dulu sedangkan OKU dan kabupaten lain akan dijajaki setelah Lebaran karena kita lihat APBD 2016 akan digodok sekitar Oktober- November. Kita coba mengajak seluruh kabupaten karena ini menjadi ladang PAD bagi kabupaten dan kota dan uangnya tidak hilang dan tidak akan berkurang,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

MT Telkomsel Bagi 1800 Takjil Gratis

Palembang, BP Mengedepankan semangat “Saatnya Berbagi dalam Keberagaman”, Majilis Taklim Telkomsel (MTT) Sumbagut memanfaatkan momentum Ramadhan untuk berbagi kebaikan dan ...