Home / Pendidikan / Untuk Naik Pangkat, Guru Wajib Melakukan Penelitian

Untuk Naik Pangkat, Guru Wajib Melakukan Penelitian

Palembang, BP

Kabag Kepegawaian Disdikpora Kota Palembang Drs Nasikhun

Kabag Kepegawaian Disdikpora Kota Palembang Drs Nasikhun

Berdasarkan Peraturan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan) Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit berlaku efektif. Sebagian guru mempersoalkan peraturan tersebut. Sebab, dalam Permenpan ituan setiap guru wajib membuat artikel yang dimuat di media massa untuk naik pangkat.

“Untuk guru dengan golongan kepangkatan III-A yang ingin naik menjadi III-B, wajib membuat tiga buah makalah yang berkaitan dengan bidang ajarnya. Selanjutnya, ketentuan kenaikan dari III-B ke III-C, wajib menulis artikel dan dimuat di koran atau majalah yang resmi baik level nasional maupun lokal,” kata Kabag Kepegawaian Disdikpora Kota Palembang Drs Nasikhun, di ruang kerjanya, Selasa (7/7).

Ia menjelaskan, ketentuan seperti ini juga berlaku untuk usulan kenaikan golongan kepangkatan dari III-C ke III-D. Khusus untuk kenaikan dari III-D ke IV-A, guru wajib membuat penelitian. Kemudian, hasil penelitian itu diterbitkan di jurnal yang memiliki International Standard Serial Number (ISSN) keluaran LIPI.

Menurut Nasikhun, proses kenaikan pangkat memang dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk mengeruk keuntungan finansial. Pelaku mengintimidasi dengan syarat Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi guru golongan IV A yang ingin naik ke IV B. Salah satu syarat kenaikan pangkat adalah guru wajib membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang diterbitkan dalam jurnal ilmiah terakreditasi.

Selain itu, KTI akan dijadikan tolak ukur keberhasilan seorang guru. Kemudian, untuk menunjukkan keprofesionalannya, seorang guru harus mengadakan penelitian.

“Bentuk penelitian yang paling dekat bagi guru itu adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK),” ungkapnya.

#adk

 

x

Jangan Lewatkan

Selasar Tower BEI Ambruk, 93 Mahasiswa UBD Masih Belum Diketahui Kondisinya

Palembang, BP– Peristiwa ambruknya Selasar Tower II Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta membuat kecemasan tersendiri pihak Universitas Bina Darma ...