Home / Hukum / Pengedar Ganja Dihukum 9 Tahun

Pengedar Ganja Dihukum 9 Tahun

Palembang, BP

pengedar ganjaTanpa pikir-pikir, Yunus (47) terdakwa kasus kepemilikan ganja langsung menerima putusan pidana sembilan tahun penjara dari majelis hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Senin (6/7).

Pasalnya vonis majelis hakim yang diketuai Nirmala Dewi, dua tahun masih lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Yessi Imelda yang sebelumnya menuntut terdakwa dengan pidana 11 tahun penjara, serta denda sebesar Rp800 juta, subsider tiga bulan penjara.

Sama halnya dengan tuntutan majelis hakim juga menjatuhkan pidana denda terhadap terdakwa yang tercatat sebagai warga Jalan KH Azhari, Lorong Tangga Raja, RT54, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan SU I Palembang sebesar Rp800 juta, subsider tiga bulan penjara.

“Berdasarkan keterangan saksi dan bukti di persidangan, terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah melanggar pasal 111 ayat (1) Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” ujar Nirmala, kemarin.

Atas putusan ini, majelis hakim melanjutkan terdakwa berhak tidak sependapat dengan mengajukan banding, selama tujuh hari ke depan untuk pikir-pikir. “Bila dalam waktu yang telah ditentukan terdakwa tidak menentukan sikap, maka dianggap menerima dan putusan ini memiliki kekuatan hukum tetap,” tandasnya.

Meski permohonan pengurangan hukuman dikabulkan majelis hakim, namun uang tunai sebesar Rp17.100.000 yang sebelumnya diharapkan bisa kembali, ternyata tetap dirampas untuk dimusnahkan, karena dianggap sebagai barang bukti hasil kejahatan. Bersama dengan ratusan gram daun ganja kering juga dirampas untuk dimusnakan.

Seperti diberitakan sebelumnya terdakwa ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polresta Palembang, dari rumahnya di Jalan KH Azhari, Lorong Tangga Raja, RT54, Kelurahan 7 Ulu, Kecamatan SU I Palembang, pada 17 Maret.

Bermula setelah aparat kepolisian mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada seseorang dapat menyediakan narkotika dan langsung melakukan penyelidikan. Dari penggeledahan tersebut, petugas menemukan barang bukti satu paket ganja seberat 36 gram dan 3,6 gram di belakang jendela kamar tidur.

Serta satu paket besar ganja dibungkus lakban coklat dengan berat 400 gram di dalam kursi sofa meja tamu dan uang tunai sebesar Rp17.100.000 dari dalam lemari yang diduga hasil penjualan narkoba.

Selanjutnya terdakwa berikut barang bukti langsung diamankan ke Polresta Palembang guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

#ris

x

Jangan Lewatkan

Sakit Hati Ditagih Utang, Petani Tusuk Tetangga

Inderalaya, BP–Gara-gara sakit hati ditagih utang,  seorang petani bernama M Ibal bin Rusli (17) warga Dusun 1 Desa Jaga Raja, ...