Home / Pendidikan / Palembang Kekurangan Guru SD

Palembang Kekurangan Guru SD

Palembang, BP

Kasubag Kepegawaian Disdikpora Kota Palembang, Nasikhun

Kasubag Kepegawaian Disdikpora Kota Palembang, Nasikhun

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang, menilai penambahan guru honor di sekolah tidak terkendali. Akibatnya, para kepala sekolah memiliki inisiatif sendiri menggunakan guru honor mengisi tenaga pengajar yang kurang. Kekurangan guru Sekolah Dasar (SD) disebabkan banyaknya yang pensiun, sehingga banyak guru SD terpaksa mengisi kekurangan guru dengan tenaga honorer yang tidak memiliki ijazah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Kasubag Kepegawaian Disdikpora Kota Palembang, Nasikhun mengatakan, sebenarnya kewajiban sekolah lagi bagi tenaga honorer K2 itu tidak mengikat. Mereka bisa tetap menggunakan ijazahnya untuk mengajar di sekolah tempat mereka bekerja. Namun, mereka akan kesulitan untuk memproses kenaikan golongan setelah menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Sesuai data yang dirilis Disdikpora Palembang, kondisi guru SD saat ini masih banyak yang kurang terutama guru kelas, guru agama dan guru pendidikan jasmani (penjas). Kebutuhan guru untuk tiga bidang studi tersebut sebanyak 5.119, sementara guru yang ada hanya 4.239 orang.

“Artinya masih kurang 1041 guru lagi. Kekurangan itu bisa menggunakan guru honor karena tahun ini tidak ada pengangkatan (CPNS) baru. Selama ini hanya K2, itu pun banyak juga yang tidak sesuai kualifikasi,” kata Nasikhun di ruang kerjanya, Senin (6/7).

Ia menjelaskan, kendala guru untuk mengajar tingkat dasar karena sulit memenuhi jam mengajar dalam sertifikasi. Karena itu dia menilai, pemerintah harus merekrut pegawai baru dengan kualifikasi pendidikan guru SD atau PGSD.

“Sulit juga untuk mengangkat guru baru karena belanja tidak langsung kita sudah mencapai 59%. Kalau pun menggunakan guru honor sebenarnya bisa saja, namun kualitas pendidikan tidak terjamin karena kualifikasi pendidikan tidak sesuai dengan kebutuhan,” ujarnya.

#adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Safari Ramadan, APJII Beri Santunan Santri

Palembang, BP  Agenda safari Ramadan pengurus pusat Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) berlanjut menyambangi wilayah Palembang. Tak lupa, momen ...