Home / Pemerintahan / Kebutuhan Daging Sapi Naik 300 Persen

Kebutuhan Daging Sapi Naik 300 Persen

Palembang, BP

Kebutuhan masyarakat akan daging sapi baru bisa terpenuhi 78%. Dalam kondisi normal, pemenuhan kebutuhan tersebut berasal dari peternakan dan Rumah Potong Hewan (RPH) di Sumsel, maupun pasokan dari luar daerah. Namun menjelang Lebaran, kebutuhan daging pun melonjak tinggi.

Kepala Bidang Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Peternakan Dinas Peternakan Sumsel Syafruddin mengatakan, kebutuhan daging di Sumsel mendekati Lebaran bisa naik hingga 200-300% atau mencapai 600 ekor sapi. Padahal pada hari biasa kebutuhan hanya mencapai 100-200 ekor sapi.

“Permintaan daging sapi di Palembang yang paling besar, bisa mencapai 150 ekor per hari, padahal biasanya hanya cukup 30-50 ekor sapi saja,” tuturnya, Senin (6/7).

Ia menjelaskan, stok atau persediaan daging sapi di Sumsel tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Sumsel saat ini hanya memiliki sekitar 3.000-5.000 sapi. Meski terbilang banyak, namun tidak semua sapi itu bisa dipotong.
Banyak di antaranya hanya dijual untuk kebutuhan Lebaran kurban. Juga yang merupakan sapi perah. Hanya sekitar 500 ekor saja yang merupakan sapi potong dan sudah layak untuk dipotong. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Harga Kopra Jeblok, Senator Malut Minta Pemerintah Turun Tangan

Jakarta, BP–Harga kopra di Maluku Utara (Malut) jeblok sejak enam bulan terakhir. Semula Rp10.000 kini hanya dihargai Rp3.200 per kilo. ...