Home / Headline / BeritaPagi Wadah Bagi Penulis Cerpen Sumsel

BeritaPagi Wadah Bagi Penulis Cerpen Sumsel

Palembang, BP

0707.01.Balai Bahasa 1.FerSelain memberikan informasi yang berguna bagi kepentingan masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel), Harian Umum BeritaPagi juga menjadi wadah yang tepat bagi Cerpenis (penulis cerpen) untuk mengembangkan kemampuan tulisannya. Apalagi, BeritaPagi memberikan rubrik khusus untuk memuat tulisan para Cerpenis untuk terus berinovasi.

Kiprah BeritaPagi akhirnya mendapat apresiasi dan berujung pada penghargaan. Ini dibuktikan dengan pemberian prestasi kepada tiga Cerpenis Sumsel dari Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan. Penghargaan itu diberikan kepada Rifan Nazhip yang meraih juara pertama dengan judul cerpen Kesumat. Juara kedua ditempati Purhendi dengan judul cerpen Lelaki yang Mendayung Canduk ke Hilir. Sedangkan posisi ketiga menjadi milik Djunaidi Tjunti Agus, melalui cerpen berjudul Layang-layang Putus. Untuk diketahui, ketiga cerpen ketiga pemenang ini dimuat di Harian BeritaPagi.

“Ketiga pemenang ini merupakan hasil saringan dari berbagai media yang ada di Sumsel, khususnya yang ada halaman khusus cerpen. Dari 57 cerpen yang ada terdapat kami pilih tiga terbaik yakni cerpen yang sudah diterbitkan oleh Harian Umum BeritaPagi,” kata Kepala Balai Bahasa Provinsi Sumatera Selatan Aminulatif, SE, MPd, pada peyerahan penghargaan Sastra Genre Cerpen Terbit Media Massa Cetak yang berada di Sumsel, bertempat di Aula Balai Bahasa, Senin (6/7).

Baca:  Koran Harian Beritapagi Raih Penghargaan KPU Award Sumsel 2018

Dia mengatakan, di samping memberikan aspirasi kepada sastrawan yang ada, penghargaan ini merupakan seluruh rangkaian bulan bahasa dan sastra tahun 2015. Khusus untuk sastrawan selain memberikan penghargaan kepada cerpenis, juga masih banyak lagi memberikan aspirasi kepada para penggeliat sastrawan di antaranya lomba baca puisi tingkat SLTP, lomba mendongeng guru TK/Paud, lomba teaterisasi cerita rakyat tingkat SLTA, lomba musikalisasi puisi tingkat SLTA, lomba balas pantun tingkat remaja, dan lomba dendang syair umum.

Baca:  Cegah DBD, Perindo Fogging 700 Rumah

“Lomba ini sudah dilakukan semua, dan seluruh pemenang khususnya juara pertama itu nantinya berkesempatan dikirim ke tingkat regional Sumatera di Provinsi Jambi, pada 28 September- 4 Oktober mendatang. Selain sastra, kami juga memberikan aspirasi para bahasawan yang berkesempatan juga dikirim ke Pekan Bahasa di Medan 24-28 Agustus mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, peraih juara pertama penulisan cerpen dengan judul Kesumat, Rifan Nazhip mengatakan, demi terus mengembangkan karya sastra khususnya cerpen yang saat ini sudah sangat jarang, dia mengimbau kepada Balai Bahasa Provinsi Sumsel agar bisa merangkul media massa kembali untuk membuka space cerpen tersebut. Kalau tidak ada tempat untuk meyalurkan karyanya maka tidak ada lagi cerpenis yang bermunculan, bahkan nantinya akan menghilang. Hanya di media massa tempat mereka akan mengeluarkan hasil karyanya.

Baca:  Dewan Kesenian Apresiasi ‘BeritaPagi’

“Kalau space di media massa itu kembali banyak saya yakin banyak para penulis cerpen itu akan bermunculan kembali. Bahkan mungkin akan muncul juga muka-muka baru yang nantinya akan mendapatkan karya-karya lebih baik lagi,” harapnya.

#adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Deklarasi damai Pemilu Legislatif di kambang iwak

Palembang, BP Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) akan menggelar deklarasi damai untuk pemilu legislatif 2019. Ketua KPU Sumsel ...