Home / Olahraga / Batasan Umur Dari PB Rugikan Karate Sumsel

Batasan Umur Dari PB Rugikan Karate Sumsel

Palembang, BP

Pengurus Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki) Sumsel merasa sangat dirugikan dengan aturan dari PB Forki baru-baru ini. Pasalnya, aturan tentang batasan umur tersebut sangat menciderai Forki Sumsel mengingat jelang waktu PON XIX/2016 tinggal sebentar lagi.

“Saat kita merasa dirugikan dengan aturan baru dari PB Forki bahwa ada batasan umur untuk karate baik nomor Katak maupun Kumite,” sesal Sekretaris Umum (Sekum) Forki Sumsel Aliyudin, Senin (6/7).

Menurut pria yang juga Sekretaris Umum KONI Palembang ini mengatakan, bahwa di nomor Katak batasan umur 16-30 dan untuk Kumite 18-27. Padahal, jagoan-jagoan Sumsel sudah berusia 30 tahun.

“Sebentar lagi PON, kita punya andalan Riko Laksamana di nomor komite dan Rizal Hasibuan di nomor Katak. Dan sekarang harus kandas diaturan umur,” keluh Aliyudin.

Menurut Aliyudin, bahwa keduanya di beberapa kesempatan terus mengharumkan nama Sumsel. Dan baru-baru ini mereka memboyong medali emas pada Kejuaraan SBY Cup.

“Mereka berdua andalan kita, apalagi April kemarin keduanya meraih medali emas di spesialis nomor mereka masing-masing,” tambahnya.

Alhasil, PON 2016 mendatang Forki Sumsel sedikit merasa kepincangan menganai aturan tersebut. Meskipun PB memiliki alasan khusus bahwa aturan tersebut agar bermuara pada produktifitas pembibitan atlet di masing-masing Pengprov. Namun demikian, Forki Sumsel merasa kaget lantaran aturan tersebut diedarkan berdekatan dengan pelaksanaan PON. Sehingga harus menanggalkan atlet andalan.

“Memang itu bertujuan untuk pembibitan dan berlaku hanya untuk nasional saja, tapi kalau ajang Internasional belum ada batasan umur. Tapi, kita shock saja karena ini menjelang PON. Dan beberapa atlet yang kita gadang-gadangkan tak masuk dalam PON karena kendala umur. Terpaksa, kita Sumsel harus memaksimalkan atlet peraih emas di Porprov Lubuklinggau kemarin,” tegasnya.

#sug

x

Jangan Lewatkan

16 Negara Asia Ramaikan Takraw Asian Games 2018

Palembang, BP– Pesta olahraga bangsa-bangsa Asia yang bakal digeber di Ibukota Jakarta dan Bumi Sriwijaya 2018 mendatang kini terus mengalami ...