Home / Headline / Ratusan Hektar Kebun Sawit PT R6B Terbakar

Ratusan Hektar Kebun Sawit PT R6B Terbakar

Picture 5557Muaraenim, BP
Ratusan hektar lahan areal kebun sawit PT Rumpun Enam Bersaudara (PT R6B) di wilayah Paya Angus, Kecamatan Sungai Rotan, Kabupaten  Muaraenim terbakar. Api diketahui sudah membesar pada Jumat (3/7) sekitar jam 22.00, oleh pihak manajemen PT R6B.
 Api informasinya terbakar di sejumlah blok kebun sawit yang masih berbuah pasir. Lokasi kebakaran terjadi di Blok C4, C5, D8, D13, E2, dan E3. Lalu ada juga blok yang sampai Minggu (5/7) masih terbakar, seperti di Blok C1, sekitar 2 ha, blok C2 ada 15 ha, dan blok C3 ada sebanyak 25 ha.
 “Api diketahui sudah membesar oleh karyawan perusahaan, dan sulit dipadamkan,” kata Kapolres Muaraenim, AKBP Nuryanto SIK MSi ketika dikonfirmasi, Minggu (5/7). Menurut Kapolres, sampai dia terakhir memonitor kejadian kebakaran di TKP pada Sabtu (4/7) malam, api masih berkobar di lokasi kejadian.
Mengenai penyebab terjadinya kebakaran, menurut Nuryanto masih dalam penyelidikan. Penyelidikan itu untuk mengetahui, apakah kejadian kebakaran itu disebabkan ada unsur kesengajaan atau bukan. “Masih diselidiki apakah memang ada unsure kesengajaan dibakar orang, atau terbakar karena musim kemarau saat ini,” terangnya.
Kapolres mengungkapkan, selama ini masih ada sengketa antara manajemen perusahaan dengan masyarakat dari beberapa desa. Permasalahannya, masyarakat menuntut masalah kebun plasma. Perundingan antara masyarakat dengan pihak manajemen perusahaan masih dalam proses.
 “Pertemuan sebelumnya belum menemui kesepakatan. Masih ada pertemuan lanjutan yang direncanakan pada 20 Juli 2015,” kata Kapolres. Konflik permasalahan lahan itu, setidaknya melibatkan ada sekitar 7 desa. Diantaranya dengan masyarakat Desa Paya Angus, Kasai, Sungai Rotan. Suka Merindu, Sukadana, dan ada dua desa masuk Kecamatan Gelumbang yakni Desa Teluk Limau dan Teluk Betung.
Ditambahkan Kapolres, untuk memonitor di TKP, masih ditempatkan anggota polri untuk mengawasi titik api susulan di sekitar kejadian. “Ada permintaan perusahaan kepada kita untuk membantu mengawasi titik api di lokasi kejadian,” katanya.
Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muaraenim, Sastro Alimanuddin ketika dikonfirmasi membenarkan adanya kejadian kebakaran lahan perkebunan PT R6B. “Luas persis lahan kita belum tahu. Tapi ada 1 unit mobil PBK di Kecamatan Gelumbang ada yang dikirim ke lokasi untuk membantu supaya api tidak melebar ke tempat lain,” jelasnya.#nur
x

Jangan Lewatkan

Pilgub Sumsel 2018, Posisi PDIP Dan Golkar Kuat

Palembang, BP Peneliti dari Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Kholil Pasaribu melihat pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun ...