Home / Headline / Festival Remaja Muslim Libatkan 150 Yatim Piatu

Festival Remaja Muslim Libatkan 150 Yatim Piatu

photo 3Palembang, BP
Tak kurang dari 150 anak yatim piatu mengikuti Festival Remaja Muslim Ramadhan Ceria I 2015, Sabtu (4/7). Beragam lomba diselenggarakan. Mulai dari lomba hapalan gerakan dan bacaan salat, lomba tilawah Alquran, dai cilik, serta Hafizh Alquran.

Pembina Ponjen Amal Bina Insani Palembang M Yusuf Usman mengatakan, kegiatan ini merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan oleh yayasannya tersebut. Pihaknya menyasar para yatim piatu berprestasi untuk memberikan beasiswa setiap tahunnya.

“Setiap anak diberi beasiswa berupa peralatan sekolah serta uang tunai. Uang tunainya berbeda-beda, sesuai rankingnya. Semakin tinggi prestasinya, semakin besar juga beasiswa yang kami berikan. Hingga kini sudah lebih dari 284 anak yang kami bantu,” tuturnya saat acara di Halaman Masjid Assalam Komplek Dinas PU Bina Marga Sumsel.

Ia menjelaskan, Festival Remaja Muslim ini bertujuan untuk menggali potensi dan kompetensi remaja muslim, serta berbagi bersama anak yatim piatu berprestasi. Bersamaan dengan festival ini juga dilaksanakan peresmian berdirinya Yayasan Ponjen Amal Insani Palembang dan memperingati Nuzulul Quran.

Untuk kelompok remaja muslim umum ada pemilihan Hafizh Alquran Juz’ama untuk kelompok usia 5-12 tahun dan kelompok usia 13-18 tahun. Pemilihan da’i cilik untuk kelompok usia 5-12 tahun dan kelompok usia 13-18 tahun. Pemilihan busana muslim untuk semua kelompok umur sekolah SD-SMA.

Kemudian untuk kelompok remaja/anak muslim yatim duafa berprestasi ada pemilihan qori/qoriah untuk surat juz’ama, pemilihan pelaksanaan salat.

Untuk anak yatim berprestasi peringkat 1-10 diberikan bantuan beasiswa. Lalu buka puasa ramadhan bersama para donatur dan simpatisan dengan remaja muslim peserta Festival Remaja Muslim ke-I Tahun 2015.

Selain kegiatan ini, Ponjen Amal Bina Insani pun telah banyak melakukan kegiatan sosial lainnya. Seperti memberikan bantuan biaya sekolah untuk anak yatim, santunan terhadap panti asuhan, bantuan peralatan sekolah, serta peduli musibah.

Sementara itu, Asisten II Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Pemprov Sumsel Ruslan Bahri mengatakan, dengan diadakannya acara ini, yatim piatu di Sumsel semakin sejahtera dan digali potensinya.

“Kita harus selalu berbagi kebahagiaan dengan sesama, terutama di bulan suci Ramadhan. Kegiatan seperti ini harus diperbanyak agar semakin banyak juga anak-anak yang semangat dalam menggali agama islam,” tandasnya. #idz

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pertempuran Untuk Sumatra

PENAKLUKAN  Jepang atas Sumatera terjadi dalam dua fase: pada pertengahan Februari 1942 Sumatera Selatan , diikuti pada bulan Maret oleh ...