Home / SFC / Pilih Jadi Agen Ketimbang Pelatih

Pilih Jadi Agen Ketimbang Pelatih

Palembang, BP

Goran Ljubojevic (1)Goran Ljubojevic, eks Striker Sriwijayan FC (SFC) yang baru saja dilepas SFC, lebih memilih menjadi agen pemain, daripada melatih klub saat dia pensiun nanti.

Goran yang sudah memasuki masa umur yang tidak muda lagi. Goran lahir pada 4 Mei 1983 silam, idealnya batas usia pemain sepakbola profesional terhenti di usia 33 atau 34 tahun, sementara goran saat ini berusia 32 tahun.

Artinya, hanya tinggal sekitar dua tahun lagi masa aktifnya merumput di lapangan hijau.

“Saya belum terfikir untuk menjadi pelatih, saya lebih tertarik menjadi agen pemain, saat saya tidak lagi jadi pemain nanti,” kata Goran.

Namun itu baru rencananya saat pensiun nanti, belum akan direalisasikan selepas dipecat dari SFC, karena dirinya masih ingin menjadi pemain saat ini.

“Kalau saya sudah menjadi agen pemain, saya bisa saja mempromosikan SFC di negara saya, dan membawa pemain ke sini, karena saya sudah tahu bagaimana Palembang dan klubnya SFC,” jelas dia.

Seperti diketahui, berdasarkan data yang dikumpulkan di lapangan, Bisnis jual beli pemain sepak bola memang mengiurkan.

Bahkan, untuk satu pemain yang dikontrak klub, seorang agen mampu meraup untung ratusan juta rupiah. Wajar karena nilai kontrak pemain lokal dan asing antara Rp 600 juta hingga Rp2 miliar.

Aturan FIFA menyebutkan professional-fee agent tidak lebih dari 10 persen. Satu agen bisa menaungi lebih dari 20 pemain asing yang memperkuat klub, juga menaungi beberapa pemain lokal. Total ada 150 lebih pemain asing yang beredar di kompetisi Indonesia. Semua berkat jasa para agen.

Kendati mendapatkan keuntungan, agen tidak selamanya beruntung. bisa saja mereka merugi jika pemain bertingkah ataupun mengalami cedera parah. Harus berani menanggung resiko, seperti melakukan perjalanan jauh (lintas benua) untuk berburu pemain, menghabiskan dana hingga Rp40-Rp50 juta hanya untuk mendapatkan 4-5 pemain.

Hal inilah yang bisa menjadi alasan kuat mengapa Goran lebih memilih menjadi agen yang tanpa keterikatan dengan satu klub seperti seorang, namun dapat menghasilkan banyak uang dari berbagai klub sebagai seorang pemain.

#sug

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Gaji Dibayar, Sriwijaya FC Fokus Lawan Barito

Palembang, BP–Setelah gaji pemain sempat terlambat selama 20 hari dan kini sudah dibayar lunas, Hamka Hamzah dan kawan-kawan mulai konsentrasi ...