Home / Bisnis / Tekan Harga, Bulog Lakukan OP

Tekan Harga, Bulog Lakukan OP

Palembang, BP

Untuk menekan harga barang kebutuhan pokok di pasaran yang terbilang cukup tinggi, Perum Bulog Divre Sumatera Selatan melakukan operasi pasar (OP), di Kantor Bulog Jalan Perintis Kemerdekaan, Jumat (3/7). Dalam OP tersebut harga yang ditawarkan sangat terjangkau dan lebih murah dibandingkan di pasar.

Seperti harga cabai merah di pasar sekitar Rp30.000, Bulog menjual Rp18.000 – Rp21.000, bawang merah Rp19.000, bawang putih Rp17.000, telur ayam Rp15.000, minyak goreng Fortune Rp10.500, terigu segitiga Rp8.000, dan beras medium Rp41.000 per 5kg.

Kepala Perum Bulog Divre Sumsel dan Babel Miftahul Adha mengatakan, OP sangat efektif dilakukan untuk menekan harga di pasaran yang cukup tinggi, dan membuat harga kembali normal. “Animo masyarakat cukup tinggi dengan OP ini, dan Bulog merencanakan akan kembali menggelar OP pada minggu depan, dengan menghadirkan daging sapi dan daging ayam,” katanya usai meninjau OP di depan kantor Bulog, Jumat (3/7).

Pada OP kali ini Bulog menyediakan cabai, telur, bawang, masing-masing sekitar setengah kuintal. “Kegiatan tersebut untuk membantu masyarakat untuk kebutuhan Lebaran. OP ini telah dilakukan di beberapa tempat dan bekerja sama dengan pemerintah kota juga daerah. Selama Ramadhan ini Bulog sudah menggelontorkan 10 ton beras khusus OP di Palembang,” katanya.

Sementara itu, realisasi raskin hingga 2 Juli 2015 ini, sudah sekitar 86,06 persen, dan masih ada sekitar 5.000 ton beras lagi yang belum tersalurkan. Hampir semua kabupaten belum selesai penyalurannya. Hal ini biasanya terkendala pada pengumpulan dana oleh masyarakat tersebut melalui RT setempat. Untuk saat ini realisasi tertinggi yakni OKU Selatan 95,81 persen dan terendah Muaraenim 68,93 persen.

“Untuk pengadaan atau penyerapan beras sendiri sudah 76.000 ton dari target 120 ribu ton atau sudah 90 persen. Bulog optimis akan tercapai target. Beras tersebut diserap dari sentra produksi seperti di OKU dan Banyuasin,” katanya.#pit

x

Jangan Lewatkan

Dirut PT Bukit Asam Arviyan Arifin: Pabrik Pengolahan Gasifikasi Batubara Beroperasi 2022

Jakarta, BP–Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin, Direktur Utama  PT Pertamina (Persero) Elia massa Manik, Direktur Utama PT ...