Home / Headline / Polda Sebarkan Satgas Awasi Uang Palsu

Polda Sebarkan Satgas Awasi Uang Palsu

Kahumas PoldaPalembang, BP
Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) menyebarkan satu dari 11 satuan tugas (Satgas) yang sudah dibentuk untuk mengantisipasi peredaran dan penggunaaan uang palsu di Provinsi Sumsel. Terlebih, dalam mengawasi peredaran uang palsu menjelang dan selama Hari Raya Idul Fitri.

“Sangat diawasi oleh Polda Sumsel dan jajaran mengenai uang palsu ini. Untuk itu, kami sudah melakukan deteksi dini dan langkah-langkah antisipasi seperti menyebarkan Satgas,” ujar Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol R Djarod Padakova, Jumat (3/7).

Masih dikatakan Djarod, Satgas ini akan disebar di lapangan dan akan langsung memberikan tindakan andai mendapati indikasi beredarnya uang palsu. Jadi, Satgas ini ditugaskan mencegah peredaran uang palsu yang dinamakan Satgas preventif dan penindakan.

“Tentunya, pengawasan uang palsu bukan hanya satu-satunya tugas yang diemban oleh Satgas ini,” kata Djarod.

Dijelaskan Djarod, pelaksanaan tugas Satgas preventif dan penindakan dapat bergerak setelah menerima laporan dari intelijen yang mengetahui suatu informasi di lapangan. Satgas diharuskan segera datang ke lokasi yang dimaksud untuk memberikan langkah awal pencegahan ataupun pemberantasan.

Bahkan, sambung Djarod, saat ini Polda Sumsel juga sudah menjalin koordinasi dengan pihak bank untuk sama-sama memberantas peredaran dan penggunaan uang palsu. Setiap informasi terkait sosialisasi terhadap ciri khas uang palsu sudah dimiliki aparat kepolisian untuk selanjutnya menjadi bahan di lapangan.

Untuk itu, dikatakan Djarod, Polda Sumsel dan jajaran juga sudah menyampaikan informasi ciri uang palsu ke sejumlah masyarakat. Sehingga, dengan adanya hal tersebut, masyarakat diharapkan lebih berhati-hati ketika menerima pembayaran dari seseorang.

“Karena yang perlu diwaspadai ketika akan menerima uang palsu pecahan Rp50 ribu dan Rp100 ribu. Pelaku sengaja memalsukan uang di dua satuan ini, karena lebih mudah untuk mengedarkannya atau dipakai sendiri saat berbelanja,” tutur Djarod.

Menghindari uang palsu ini, Djarod menyarankan, pedagang dapat memiliki perlengkapan yang bisa digunakan untuk mendeteksi uang yang dibayarkan. Salah satu alat yang bisa digunakan adalah menggunakan lampu ultra violet. #rio

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jasad Nata Tersangkut di Eceng Gondok

Palembang, BP–Warga pinggiran Sungai Komering di Desa Sungai Pinang, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin mendadak heboh setelah menemukan mayat laki-laki tersangkut ...