Home / Hukum / Kurir Shabu Dihukum 14 Tahun Penjara

Kurir Shabu Dihukum 14 Tahun Penjara

Palembang, BP
Meski putusan dirasa masih tinggi, namun Zulfiadi (30) terdakwa kasus penyalahgunaan narkotika langsung menerima vonis 14 tahun penjara dan denda Rp1 miliar subsider dua bulan dari majelis hakim Pengadilan Negeri Palembang, Kamis (2/7).
Kendati demikian, putusan yang dijatuhkan majelis hakim masih lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nufi Yunandri, dengan pidana penjara selama 15 tahun.
“Berdasarkan fakta persidangan, terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam pasal 114 ayat 2 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika,” ujar majelis hakim yang diketuai Purwadi.
Atas putusan tersebut, majelis hakim melanjutkan terdakwa maupun jaksa penuntut diberikan hak menerima atau pun menolak putusan, melalui upaya hukum banding, dengan masa pikir-pikir selama tujuh hari.
“Apabila dalam waktu yang telah ditentukan terdakwa tidak menentukan sikap, maka dianggap menerima dan putusan memiliki kekuatan hukum tetap,” tandasnya.
Setelah mendengar amar putusan yang dibacakan majelis hakim, penasehat hukum terdakwa dari Posbakum PN Palembang, Azriyanti masih menyatakan pikir-pikir. Meski dirinya menganggap vonis tersebut masih terbilang wajar, karena barang bukti yang dimiliki terdakwa cukup besar.
“Untuk itu, saya sarankan kepada terdakwa untuk pikir-pikir, karena di persidangan tingkat banding putusan nya bisa saja lebih tinggi. Karena barang buktinya cukup besar,” katanya.
Terungkap dari fakta persidangan, terdakwa ditangkap pada 26 Januari 2015 sekitar pukul 19.00 di Hotel Princes, Palembang. Saat ditangkap polisi ditemukan empat paket besar shabu yang diakui terdakwa milik Safrizal (DPO).
Terdakwa mengaku hanya di suruh mengantarkan serbuk setan tersebut dengan upah sebesar Rp20 juta kepada Deli yang ternyata merupakan informan polisi.
#ris
x

Jangan Lewatkan

Pulang Karena Rindu Keluarga, Buronan Pembunuh Ditangkap

Palembang, BP–Karena rindu dengan keluarga setelah 10 bulan kabur ke Jambi, Rusdianto (43), buronan kasus pembunuhan akhirnya pulang ke rumah. ...