Home / Sumsel / Muratara / 2015, Mura Target Surplus Beras 160 Ribu Ton

2015, Mura Target Surplus Beras 160 Ribu Ton

Muarabeliti, BP

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Musirawas (Mura), 2015 ini menargetkan surplus beras sebanyak 160 ribu ton untuk 54 ribu hektar sawah irigasi, sawah tadah hujan dan kebun. Jumlah ini mengalami peningkatan dari 2014 yakni sekitar 140 ribu ton.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Mura Heriyanto, melalui Kepala Bidang Produksi Tanaman Pangan Tohirin, 2014 lalu Mura surplus beras hanya 140 ribu ton. Dari surplus tadi untuk 2015 akan ditingkatkan sehingga target mencapai 160 ribu ton beras.

Baca:  Pelantikan CPNSD Tunggu Petunjuk BKN

“Kabupaten Mura ini memiliki 54 ribu hektar persawahan. Rinciannya sawah irigasi, sawah tadah hujan dan kebun pematang. Untuk mencapai target tersebut maka petani menggunakan teknologi tanam dengan cara Jajar Legowo (Jarwo) 2.1,” katanya, Kamis (2/6).

Sistem Jarwo ini katanya, mempunyai kelebihan antara lain dapat meningkatkan produktifitas yang bisa mencapai lima sampai 10 kwintal beras.

Baca:  Harga Beras Naik Rp1000/kg

Tidak hanya itu, selain dapat meningkatkan populasi tanaman juga mampu menambah kelancaran sirkulasi sinar matahari dan udara di sekeliling tanaman tinggi yang berdampak pada tanaman padi dapat berfotosintesa lebih baik.# wan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Dua Bakades Tak Ikut Pilkades Serentak

Muratara, BP Dua bakal calon kepala desa (bacakades) dipastikan tidak akan mengikuti pesta demokrasi tingkat desa. Ini disebabkan, satu orang ...