Home / Bisnis / Tambah Armada Angkutan Lebaran

Tambah Armada Angkutan Lebaran

Palembang, BP

Perusahaan angkutan kota antar provinsi (AKAP) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap mengantisipasi lonjakan penumpang menghadapi mudik Lebaran tahun 2015. Sejumlah perusahaan angkutan mulai berencana untuk menambah armada, mengingat pengalaman sebelumnya selalu terjadi lonjakan penumpang hingga H+10.

Junaidi, Manager PO Lorena mengatakan, berdasarkan pengalaman tahun 2014, sama halnya tahun ini diprediksi akan menambah 100 persen armada baik tujuan Jakarta maupun Medan, dari jumlah saat ini sekitar 3-4 armada.

“Untuk saat ini pemudik masih terbilang normal, namun semakin mendekati Lebaran hingga H+10 penumpang akan terus ramai. Dan tarif pun pada tanggal 3 Juli nanti baru akan naik sekitar 30 persen seperti tahun sebelumnya. Untuk saat ini tarif normal tujuan Jakarta Rp310 ribu dan Medan Rp390 ribu,” katanya, Rabu (1/7).

Baca:  Ekonomi Sumsel Tumbuh 4,77%

Sementara itu, Joni, Manager Handoyo mengatakan, pihaknya menambah armada Lebaran sekitar 2-3 armada. Sementara untuk saat ini Handoyo menyiapkan dua unit untuk tujuan Jawa dan empat unit ke Pekanbaru, Riau. “Tarif Lebaran ada kenaikan sekitar 30 persen. Untuk tujuan Pekanbaru Rp350 ribu, Cirebon Rp390 ribu, Surabaya dan Banyuwangi Rp700 ribu,” katanya.

Baca:  Stok Daging di Kayuagung Aman

Sebelumnya, Jaka Jarkasi, Manager Corporate Comunication PT KAI Divre III mengatakan, menghadapi peningkatan jumlah pengguna jasa angkutan kereta api tersebut, pihaknya berupaya menambah gerbong kereta sehingga bisa lebih banyak masyarakat yang dilayani.

“Saat ini kami mulai melakukan penambahan empat gerbong kereta kelas ekonomi untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang yang trennya terus mengalami peningkatan. Untuk tarif mulai H-10 sudah dikenakan tarif batas atas,” katanya.

Baca:  Taspen Berlakukan Klaim Otomatis

Dia menjelaskan, penambahan gerbong difokuskan pada kelas ekonomi, dari sebelumnya enam gerbong kini menjadi 10 gerbong yang dirangkaikan dengan gerbong kereta kelas eksekutif.

“Dengan dilakukan penambahan empat gerbong yang kapasitas masing-masing gerbong 120 tempat duduk, secara keseluruhan setiap kali pemberangkatan tersedia 1.200 tempat duduk untuk melayani penumpang yang akan melakukan perjalanan tujuan Palembang-Tanjung Karang dan sebaliknya,” katanya.#Pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Suzuki Burlian Tawarkan Promo dan Hadiah Menarik

Palembang, BP PT Nusa Sarana Citra Bakti di Jalan Kolonel Burlian dealer resmi Suzuki Thamrin Group kian memperkuat layanan pelanggan. ...