Home / Pendidikan / MAN 3 Palembang Terapkan Sistem SKS

MAN 3 Palembang Terapkan Sistem SKS

Palembang, BP

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Palembang mulai tahun ajaran baru 2015-2016 menggunakan sistem kredit semester (SKS) dalam sistem penilaian kegiatan belajar mengajar. Ini menjadikan sekolah ini sebagai salah satu dari 29 Madrasah Aliyah di Indonesia yang ditetapkan sebagai penyelenggara program pembelajaran SKS.

“Surat keputusan (SK) dari Jakarta sudah kami terima dan telah diserahkan langsung oleh Kepala Kasi Kurikulum Pemad Kementrian Agama (Kemenag) RI, Dr. Suwardi, M.Pd.I, kepada kepala MAN 3 pada acara pembagian raport siswa MAN 3 akhir pekan lalu,” kata Kepala MAN 3 Dr. H. Ahmad Zainuri, M.Pd.I, Rabu (1/7).

Menurut dia, penerapan SKS dapat menjadi alternatif bagi siswa MAN 3 yang berminat masuk kelas akselerasi. Sebagai langkah awal, sudah diadakan pelatihan bagi para guru untuk melaksanakan program terbaru tersebut.

“Dalam workshop K-13 kemarin, beberapa pemateri sudah mensosialisasikan metode pelaksanaan program SKS ini kepada guru MAN 3. Kita sengaja mengundang para pemateri dari luar Palembang yang mumpuni di bidangnya. Salah satunya Kasi Kurikulum Dirjen Penmad Kemenag RI,” ujarnya.

Menurutnya, sistem ini merupakan salah satu bentuk pelayanan yang diberikan kepada peserta didik yang memiliki keragaman bakat, minat dan kecerdasan. Sehingga siswa MAN 3 dapat mengikuti proses pendidikan sesuai kemampuan yang mereka miliki.

“Penerapan SKS sama seperti di perguruan tinggi. Siswa dapat mengambil mata pelajaran yang berbeda-beda di setiap semester atau jenjang kelasnya,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam penyelenggaraannya, SKS identik dengan metode moving class. Sehingga memungkinkan setiap siswa mengikuti mata pelajaran yang berbeda-beda.

“Penggunaan sistem ini sangat memungkinkan siswa menyelesaikan pendidikan dalam tempo lebih cepat, yakni satu atau dua tahun,” pungkasnya. O adk

x

Jangan Lewatkan

Kampanye 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan di KI Meriah

Palembang, BP–Women’s Crisis Centre (WCC) Palembang menggelar kampanye 16 hari Anti kekerasan Terhadap perempuan tahun 2017, di Kambang Iwak, Palembang, ...