Home / Hukum / Lansia Dihukum 2 Tahun Penjara

Lansia Dihukum 2 Tahun Penjara

Palembang, BP

BP/HARIS SUPRAPTO VONIS-Terdakwa Sulefdi saat menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Palembang, Selasa (30/6).

BP/HARIS SUPRAPTO
VONIS-Terdakwa Sulefdi saat menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Palembang, Selasa (30/6).

Gara-gara membawa satu paket kecil narkotika ganja, Sulefdi (53) dihukum pidana penjara selama dua tahun, tiga bulan, oleh majelis hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Selasa (30/6).

“Berdasarkan keterangan saksi dan bukti, terdakwa terbukti bersalah menyalahgunakan narkotika bagi diri sendiri, sebagaimana diatur dalam pasal 127 ayat 1, UU Nomor 35 tahun 2009,” ujar majelis hakim yang diketuai Charles Pasaribu, kemarin.

Atas putusan ini, Charles melanjutkan terdakwa maupun jaksa penuntut umum dapat menolak dengan mengajukan banding, dengan waktu pikir-pikir selama satu pekan ke depan.

“Apabila dalam waktu yang ditentukan terdakwa tidak menentukan sikap maka dianggap menerima dan putusan ini memiliki kekuatan hukum tetap,” tandasnya.

Kendati vonis yang dijatuhkan majelis hakim sama dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Nina Lestarina, namun terdakwa yang telah menyampaikan pembelaan secara lisan, untuk meminta keringanan masa hukuman. Namun tetap saja terdakwa tak bisa berbuat banyak dan hanya bisa menerima setelah majelis hakim menjatuhkan hukuman.

“Saya menerima,” ucap terdakwa sambil menundukkan kepala.

Sedangkan dari fakta persidangan dijelaskan terdakwa ditangkap anggota Satuan Reserse Narkoba Polresta Palembang saat berada di depan Pom Bensin, Jalan Ki Merogan, Kecamatan Kertapati Palembang, pada 5 Februari lalu.

Bermula saat petugas melintas di depan Pom Bensin dan melihat terdakwa sedang duduk sendirian. Curiga dengan gerak-gerik terdakawa, lalu petugas melakukan penggeledahan. Saat diperiksa petugas menemukan satu paket narkotika jenis ganja di dalam kotak rokok, dalam saku celana depan sebelah kanan dan dari hasil pemeriksaan narkoba yang dibeli seharga Rp25.000 tersebut untuk dikonsumsi sendiri.

#ris

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Fluktuasi Harga Premium Bukan Pelanggaran Konstitusi

Jakarta, BP–Anggota MPR Satya W Yudha mengatakan, mengumumkan kenaikan harga premium yang kemudian dianulir Presiden dengan membatalkan kenaikan BBM jenis ...