Home / Headline / Baru Muba Laksanakan ADD

Baru Muba Laksanakan ADD

 

IMG-20150627-01777(1)Palembang, BP
Di Provinsi Sumatera Selatan baru Kabupaten Musi Banyuasin (Muba)  yang melaksanakan Alokasi Dana Desa (ADD)  sejak tahun 2013, namun ADD yang dilakukan di Muba dinilai masih banyak kelemahan.
Koordinator Fitra (Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran) Sumsel Nunik Handayani menilai ADD bagus karena aturan otonomi desa sudah berlaku di Indonesia.
“Kelemahannya pemerintah daerah tidak menyiapkan SDM, sebelum dana itu cair disiapkan SDM cair sehingga saat implementasi syaratnya  karut marut. Memasuki tahun ketiga untuk kasus Muba ini ternyata ADD secara nasional terjadi hal yang sama,” katanya,  Senin (29/6).
Selain itu APBdes  juga tidak disusun dengan kebutuhan desa, akibatnya di desa masih banyak jalan dan infrastruktur yang rusak. “Itu sangat mengganggu sehingga ekonomi di desa tidak jalan, masyarakat tidak bisa membawa hasil kebun dan pertaniannya karena jalannya rusak,” katanya.
Selain itu ADD selama ini tidak diaudit, “ADD itu jadi warning desa jangan main-main, ini anggaran untuk kesejahteraan rakyat,” katanya.
Terkait kasus KPK di Muba, menurutnya, anggaran ADD di Muba sudah teralokasi dan tinggal dilaksanakan.
“Saya pikir tidak terpengaruh namun harus dibenahi SDM dan perencanaannya diatur, apalagi di Pemkab Muba ADD ini besarnya dipukul rata, padahal 240 desa di Muba memiliki tingkat kesulitan, masalah yang berbeda terutama di daerah,” katanya.
Pemerintah daerah, menurutnya, juga harus melihat  dulu di Sumsel pernah berlaku hukum adat marga, namun saat ini posisi Marga di Sumsel di mana, karena marga itu sangat menghargai desa dan itu yang tidak terpelihara hingga saat ini.
Selain itu tingkat ketergantungan desa ke kecamatan sangat besar sehingga desa dalam  menyusun APBDes tetap ke kecamatan.
“Ini menyalahi, padahal desa sendiri yang paham dengan kondisi mereka, ini enggak nyambung nantinya,” katanya.#osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Antar Siswa Muba ke Kelas MRSHS, Dodi Sampaikan Banyak Pesan

Perth, Australia, BP–Mengikuti Pelatihan Pendidikan di Margaret River Senior High School Australia (MRSHS), pada Jumat (19/10), tampak siswa-siswi dan guru ...