Home / Headline / Kontribusi Daerah ke SMAN Sumsel Minim

Kontribusi Daerah ke SMAN Sumsel Minim

widodo-KADIKNAS-SUMSELPalembang, BP
SMA Negeri Sumatera Selatan yang dulu dikenal dengan nama SMA Sampoerna, milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel kini berusaha untuk mendapatkan dana dari pemerintah kabupaten/kota di Sumsel. Pasalnya, anggaran untuk sekolah yang diperuntukkan bagi siswa tidak mampu namun berprestasi itu, selain mendapat suntikan dana dari APBD Sumsel, juga dari sharing dana lainnya.
Sedangkan donatur dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), yang selama ini membantu sekolah ini dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) tidak bisa menyalurkan bantuan dana ke SMA Sumsel, padahal selama ini pembiayaan SMA Sumsel, berasal dari CSR BUMN dan BUMD plus APBD Sumsel.
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumatera Selatan Widodo mengungkapkan, seharusnya anggaran pengelolaan SMAN Sumsel itu, bukan dibebankan di APBD Sumsel saja namun harus ada sokongan APBD kabupaten/kota, yang siswanya dari daerah.
“Dana sharing itu, seharusnya antara provinsi, termasuk kabupaten/kota. Namun kontribusinya (kabupaten/kota) masih kecil, bahkan nol saya bilang, kecuali Kabupaten Lahat sudah maksimal,” kata Widodo, selepas buka bersama dilingkungan DPRD Sumsel, Sabtu (27/6) malam.
Menurut Widodo, dengan anggaran yang cukup besar dikeluarkan untuk salah satu project sekolah masa depan itu, pihaknya berharap nantinya Pemkab/Pemkot se-Sumsel bisa berkontribusi secara nyata, termasuk dana CSR dari perusahaan yang ada.
Salah satu langkah konkretnya, Gubernur Sumsel telah menghubungi Plt Walikota Palembang (Harnojoyo) untuk bisa menganggarkannya pada APBD-Perubahan kota Palembang tahun 2015.
Selama ini yang terbesar adalah Palembang, dan memang kontribusi Palembang selama ini masih minim. Harapan kita, pak Plt Walikota mendorong bisa membantu pendidikan, dengan bisa menganggarkannya dalam APBD-P. Ini tidak mengganggu APBD Sumsel, karena sudah didesain sedemikian rupa agar bisa melalui CSR, jika memang terlambat atau belum maka menggunakan CSR misal BRI, Bank Sumsel, BNI, Medco,” ujarnya. #osk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Jumputan Gambo Muba Mulai Mendunia

Perth, Australia, BP–Kain khas karya anak putra Banyuasin yakni Jumputan Gambo Muba terus gencar diperkenalkan ke dunia dan kini telah ...