Home / Pemerintahan / Songket Pecahkan 4 Rekor MURI

Songket Pecahkan 4 Rekor MURI

 

Palembang, BP
Deklarasi Tenun Songket Palembang sebagai warisan budaya indonesia menuju warisan dunia UNESCO rencananya akan diisi dengan penandatanganan prasasti yang terbuat dari songket. Juga pemecahan beberapa rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga mengatakan, kain tenun songket akan memecahkan empat rekor MURI, antara lain songket Palembang terpanjang yang panjangnya lebih dari 160 meter, kemudian berupa pakaian/gaun dengan 74 motif songket, juga Rekor MURI 220 penenun songket tradisional serta yang terakhir rekor MURI dengan 13 ribu orang mengenakan songket.

Baca:  Songket dan Kuliner Fokus Industri Kreatif Palembang

Sementara itu, Ir Hj Ernilarizar MM, selaku Kepala Bidang Pengkajian Pemerintahan dan Sosial Budaya Balitbangnovda Sumsel, mengatakan, saat ini pihaknya telah mencatat ada 74 motif songket yang sudah ada namanya dan penciptanya.

Terkait pakem songket Palembang, pihaknya akan terus mendorong agar pakem songket Palembang mempunyai kekuatan hukum yang jelas.

“Jika sudah ada pakem hukum, maka tidak ada lagi yang berani menamai songket jika tidak sesuai pakemnya. Selama ini hanya sebatas sanksi moral saja, bukan sanski hukum,” katanya. #dil

x

Jangan Lewatkan

Asmawati, Bangun Generasi Muda Berkarakter Lewat Film Edukasi

Palembang, BP–Tak bisa dipungkiri, tantangan para mahasiswa saat ini bukan hanya soal lapangan kerja di era Ekonomi ASEAN tapi juga ...