Home / Headline / Nyaris Separuh Aggota Dewan Tidak Hadir

Nyaris Separuh Aggota Dewan Tidak Hadir

 

rapat paripurnaRapat Paripurna Penyampaian Laporan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) harus menunggu 1,5 jam dari jadwal agenda yang ditetapkan.

Palembang, BP

Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palembang saat agenda penyampaian LKPJ anggaran tahun 2014 berlangsung cukup sunyi alias sepi. Terpantau setidaknya nyaris separuh anggota tidak mengisi kursi nan nyaman wakil rakyat hingga acara dimulai.

Bahkan, rapat yang terkesan dianggap tidak terlalu penting ini harus menunggu hingga pukul 10.00 atau hingga 1,5 jam lebih dari jadwal paripurna yang dijadwalkan.
Karena lamanya penundaan, pembahasan bahkan dilakukan secara ringkas dan dianggap terlalu banyak dan memakan waktu lama jika dibacakan.

Bahkan semakin berlarut waktu rapat yang digelar, membuat waktu yang dimiliki makin sempit karena bertepatan dengan waktu sholat Jum’at. Bahkan Plt Walikota Palembang hanya berhasil menyampaikan dua bab pembahasan LKPJ dam sisanya diserahkan pada masing-masing anggota dewan untuk membahasnya.

Ketua DPRD Kota Palembang Darmawan kepada wartawan menepis tudingan jika terkesan rapat yang dilakukan ini tidak terlalu penting bagi anggota dewan. Sehingga dalam kegiatan ini banyak peserta rapat yakni anggota dewan tidak hadir hingga molor 1,5 jam.

“Bukan tidak penting, mungkin ada miss komunikasi soal jadwal, sebab awalnya rapipurna dijadwalkan kemarin, (Kamis-red) namun Plt Walikota Palembang ada kegiatan dinas ke Jakarta sehingga diundur jadi Jumat, mungkin banyak anggota dewan tidak mengetahui, sehingga tidak hadir atau pemberitahuan tidak sampai,” katanya.
Mengenai ketidaktahuan anggota dewan yang tidak hadir, terhadap pentingnya rapat paripurna yang digelar. Darmawan mengatakan nanti akan dibahas di masing-masing komisi dan fraksi. Dirinya tidak mau berspekulasi tentang kemungkinan ada permasalahan antara legislatif dan eksekutif.

Sementara itu, Plt Walikota Palembang Harnojoyo tidak terlalu ingin menanggapi suasana rapat tersebut, bahkan dirinya sendiri tidak mengetahui apa masalahanya. Baginya laporan sudah disampikan dan akan dikaji lagi oleh anggota dewan.

“Tidak tahu mengapa anggota dewan tidak hadir tanya ke dewan sendiri apa alasannya ,” ujar Harnojoyo usai menyampaikan laporan pertanggung jawaban.#ren

x

Jangan Lewatkan

Polda Endus Ladang Ganja Lain

Palembang, BP–Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel memusnahkan 335 butir ekstasi dan 86,34 gram sabu hasil ungkap dua perkara dengan tiga ...