Home / Pendidikan / Jangan Takut, Belum 7 Tahun Masih Bisa Masuk SD

Jangan Takut, Belum 7 Tahun Masih Bisa Masuk SD

Palembang, BP

Berbeda dengan pelaksanaan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP-SMA yang dilakukan secara online, untuk Sekolah Dasar (SD) dilakukan secara manual. Pelaksanaannya akan dilakukan pada 29 Juni-6 Agustus.

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Palembang menegaskan, supaya pihak sekolah tidak menyelenggarakan tes calistung (membaca, menulis, dan berhitung).

“Tidak ada tes untuk masuk SD, kalau usia sudah cukup, guru diwajibkan untuk menerima siswa tersebut. Kalau ada sekolah yang menerapkan tes PPDB akan kami tindak tegas karena hal tersebut tidak diperbolehkan,” ujar Kasi Kurikulum TK/SD Disdikpora Palembang, Drs A Haris Basid, MSi, kepada BeritaPagi, Jumat (27/6).

Ia juga menjelaskan, untuk masuk SD negeri juga tidak ada pungutan uang. Apabila calon siswa memenuhi persyaratan terutama usia sudah cukup, hanya tinggal menunggu jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM).

“Bagi yang usia belum mencapai tujuh tahun tetapi sudah mumpuni untuk masuk SD tetap dikoordinir, hanya saja masuk daftar tunggu. Kalau ada sisa kuota, baru siswa yang bersangkutan diterima di SD negeri,” katanya.

Selain itu, tidak ada persyaratan mewajibkan ijazah PAUD/TK kepada calon siswa, kalau ada sekolah yang bertindak demikian segera laporkan ke Kantor Disdikpora Palembang.

“Masuk SD itu tidak seperti masuk SMP dan SMA, jadi sekolah tidak usah menambah persyaratan yang tidak sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, teknis PPDB SD memprioritaskan calon siswa yang kediamannya berada di dekat sekolah.

“Intinya setiap calon siswa yang sudah mumpuni untuk masuk SD harus dikoordinir, meskipun suasana libur sekolah dimulai seluruh SD negeri wajib membuka pelayanan PPDB,” pungkasnya.

#adk

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

DR Sunda Ariana Resmi Jadi Rektor Universitas Bina Darma

Palembang, BP — Setelah rektor sebelumnya Prof. Ir. H. Bochari Rachman, M.Sc wafat belum lama ini, Dr. Sunda Ariana M.Pd. ...