Home / Sumsel / Banyuasin / Belasan Pengemis Diamankan di Pangkalan Balai

Belasan Pengemis Diamankan di Pangkalan Balai

 
IMG_0413Banyuasin, BP
 
Petugas Dinas Sosial (Dinsos) Banyuasin mengamankan 13 pengemis yang berkeliaran di Pasar Pangkalan Balai, Kamis (25/6).
Modus yang dilakukan beragam, mulai dari membawa celengan masjid, menyenandungkan ayat Alquran, ngamen, hingga meminta-minta. Mayoritas mereka sudah berusia lanjut dan mengalami cacat fisik.
“Hampir kesemuanya bukan warga Banyuasin, mereka adalah orang pendatang yang sengaja datang ke sini,” jelas Kadinsos Banyuasin M Yusuf.
Gepeng yang terdiri dari tujuh laki-laki dan li maperempuan itu kemudian diberikan pembinaan dan pemahaman spritual agar ke depannya tidak lagi melakoni pekerjaan tersebut. “Kami tidak melakukan tindakan preventif, tapi lebih bersikap persuasif,” ujarnya.
Razia ini dilakukan karena banyaknya keluhan masyarakat yang masuk ke Dinsos atas menjamurnya pengemis dan peminta sumbangan ilegal yang kerap meresahkan warga. “Razia ini tidak hanya dilakukan di Pasar Pangkalan Balai tapi di sejumlah pasar lain yakni Pasar Betung, Sukomoro, dan  Gasing,” katanya. 
Selain tindakan yang kurang terpuji, pekerjaan mengemis juga bertentangan dengan undang-undang pasal 504 dan 505 KUHP, tentang larangan mengemis dan menggelandang “Pada Pasal 504 KUHP dijelaskan, Barang siapa mengemis di muka umum, diancam karena melakukan pengemisan dengan pidana kurungan paling lama enam minggu. Ayat 2, pengemisan yang dilakukan oleh tiga orang atau lebih, yang berumur di atas enam belas tahun, diancam dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan,” jelasnya.
Kemudian di pasal 505 KUHP menjelaskan, barang siapa bergelandangan tanpa pencarian, diancam karena melakukan pergelandangan dengan pidana kurungan paling lama tiga bulan. “Dan penggelandang berumur diatas 16 tahun diancam kurungan paling lama enam bulan,” katanya. #mew
 
bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Nilai Hutang Pemprov Sumsel Turun Hingga Sebesar Rp.464, 317 Miliar

Palembang, BP Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Ishak Mekki memberikan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sumsel atas penjelasan ...