Home / Hukum / Bawa 5 Paket Shabu Kodri Didenda Rp1 M

Bawa 5 Paket Shabu Kodri Didenda Rp1 M

Palembang, BP

BP/HARIS SUPRAPTO MENUNDUK-Kodri terdakwa kasus narkoba terus menundukkan kepada saat menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Kamis (25/6).

BP/HARIS SUPRAPTO
MENUNDUK-Kodri terdakwa kasus narkoba terus menundukkan kepada saat menjalani persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, Kamis (25/6).

Gara-gara mengantungi lima paket kecil narkotika jenis shabu, Kodri (26) warga Jalan KI Merogan, Lorong Mawar, Kecamatan Kecamatan Kertapati Palembang ini diganjar majelis hakim dengan pidana penjara selama enam tahun, Kamis (25/6).

Selain itu, dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Palembang, kemarin, majelis hakim yang diketuai Deson Togutorop menjatuhkan pidana denda sebesar Rp1 miliar terhadap terdakwa. Dengan catatan bila tidak dibayar diganti pidana dua bulan penjara.

“Berdasarkan keterangan saksi dan bukti pada persidangan, terdakwa secara sah bersalah melakukan tindak pidana, sebagaimana yang diatur dalam Pasal 114 ayat (1) nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” ujarnya.

Atas putusan ini, Deson melanjutkan terdakwa maupun jaksa penuntut diberikan hak menolak dengan mengajukan banding, dengan waktu pikir-pikir selama satu pekan ke depan.

“Apabila dalam waktu yang ditentukan terdakwa tidak menentukan sikap, maka dianggap menerima dan putusan ini memiliki kekuatan hukum tetap,” tandasnya.

Setelah mendengar vonis, enam bulan lebih rendah dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hendra Fabianto, terdakwa yang terus menundukkan kepala dan didampingi Penasihat Hukum dari Posbakum PN Palembang, Romaita selama persidangan ini langsung menerima putusan. Dari fakta persidangan dijelaskan, terdakwa berikut barang bukti lima paket shabu seberat 0,50 gram diamankan Satuan Reserse Narkoba Polresta Palembang, saat sedang berada di depan rumahnya, pada 26 Februari.

Bermula setelah terdakwa menemui Aris (DPO) dan memberikan uang sebesar Rp400.000, lalu mendapat satu pakat shabu. Kemudian serbuk sentan tersebut dipecah menjadi lima paket oleh terdakwa dan rencanannya akan dijual dengan harga Rp80.000 per paket. Selanjutnya terdakwa pulang ke rumah dan duduk di depan teras. Namun tak berapa lama petugas yang telah mengintai gerak-gerik pelaku langsung melakukan penggeledahan dan ditemukan shabu di saku celana.  Akibatnya terdakwa berikut barang bukti shabu digendang ke Polresta Palembang, guna menjalani pemeriksaan lebih lanjut.

#ris

x

Jangan Lewatkan

Api Tiba-tiba Berkobar, Hanguskan 10 Rumah Permanen di Keramasan

Palembang, BP–Si jago merah mengamuk di kawasan padat penduduk Jalan Putri Dayang Rindu, Kelurahan Keramasan, Kecamatan Kertapati, Palembang, Rabu (18/10) ...