Home / Bisnis / Penukaran Uang Capai Rp4,8 M/Hari

Penukaran Uang Capai Rp4,8 M/Hari

Palembang, BP

Untuk Bank Indonesia (BI) memprediksi penukaran dan penarikan uang di BI oleh perbankan akan mulai ramai pada dua minggu sebelum Lebaran. Tingkat penukaran bisa mencapai Rp4,8 miliar per hari.

penarikan dan penukaran uang yang dilakukan oleh masyarakat saat ini belum ramai. Diprediksi pada minggu kedua atau mendekati Lebaran baru terlihat naik. Penukaran uang bisa mencapai Rp4,8 miliar per hari.

Demikian dikatakan Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah VII Hamid Ponco Wibowo, Rabu (24/6). Dikatakannya, masyarakat cenderung menukar atau menarik uang saat mendekati mudik. Pecahan mata uang yang paling diminati untuk penukaran adalah pecahan Rp20 ribu ke bawah. Itu dikarenakan masyarakat cenderung bagi-bagi THR (Tunjangan Hari Lebaran) kepada saudara saat mudik Lebaran.

Baca:  Bank Mandiri Gandeng Operator Telekomunikasi

“Biasanya permintaan pecahan Rp20 ribu ke bawah,” ujarnya. Sementara itu, selama periode Lebaran BI memprediksi kebutuhan uang di kisaran Rp3,3 triliun. Sebab tahun 2013, penarikan yang dilakukan masyarakat via perbankan hanya Rp2,3 triliun atau hanya sekitar 45 persen dari stok yang disiapkan BI sebesar Rp4,9 triliun.

Kemudian selama 2014, penarikan uang yang dilakukan perbankan di Sumsel sebesar Rp4,4 triliun. Rata-rata penukaran uang baru di perbankan di kisaran Rp30,5 miliar per bulan. “Saat momen Lebaran kemungkinan naik menjadi Rp79 miliar per bulan,” katanya.

Baca:  Realisasi Kredit BSB Rp400 M

Dikatakannya, berdasarkan pengalaman saat momen Ramadhan dan Lebaran masyarakat banyak menukar uang baru. Karena itu, antisipasi terjadinya antrean penukaran panjang di BI, pihaknya telah ada bekerjasama dengan 30 perbankan di Sumsel untuk melakukan penukaran uang pecahan kecil dengan jadwal bergantian.

Sedangkan untuk penukaran dalam partai besar, lanjutnya masih dilayani langsung oleh BI. Untuk di daerah pihaknya juga berencana mengadakan kas keliling.#pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Adakah yang Seirit Yamaha LEXI?, Buruan Dijajal

Palembang, BP Motor mewah kini tak lagi boros bahan bakar, dengan teknologi Blue Core, Yamaha LEXI pastikan sepeda motor ini ...