Home / Palembang / Waspadai Tahu dan Mie Kuning Berformalin

Waspadai Tahu dan Mie Kuning Berformalin

Palembang, BP

Makanan berbahan mie kuning dan tahu yang dijual di pasar beduk positif mengandung formalin. Masyarakat dihimbau berhati-hati terhadap makanan tersebut karena sangat berbahaya bagi kesehatan.

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Kota Palembang melakukan sidak ke pasar beduk Masjid Agung dan Pasar Cinde, Senin (22/6). Hasilnya, sejumlah makanan berbahan tahu dan mie kuning positif mengandung formalin.

Baca:  Ancam Pidana Untuk Industri Rumahan Nakal

Ketua Tim Pengawasan BBPOM Kota Palembang Agustini mengatakan, dari 11 sampel yang dicurigai mengandung zat berbahaya hanya lima sampel yang positif mengandung formalin. Lima sampel tersebut berbahan mie dan tahu.

“Tiga sampel makanan yakni rujak mie dan dua sampel pempek tahu dinyatakan positif mengandung formalin. Jadi kami berikan surat teguran tertulis untuk tidak menjualnya lagi. Jika tetap menjual maka akan ditindak tegas,” katanya.

Baca:  Ancam Pidana Untuk Industri Rumahan Nakal

Dia mengatakan, sampel lain yang diperiksa adalah ikan laut, cincau, susu kedelai, dan lainya negatif mengandung zat berbahaya. “Sejauh ini cukup baik, walau belum 100% makanan yang dijual sehat, namun sudah banyak pedagang yang sudah paham dengan kesehatan barang yang dijual,” tambah Agustini. #ren

x

Jangan Lewatkan

Fokus Pasang ‘Girder’ Penyangga Lintasan LRT

Palembang, BP–Pembangunan transportasi kereta api ringan atau Light Rail Transit (LRT) Palembang terus dikebut agar dapat digunakan saat Asian Games 2018. Kini, PT Waskita Karya selaku ...