Home / Headline / Ancam Pidana Untuk Industri Rumahan Nakal

Ancam Pidana Untuk Industri Rumahan Nakal

dr Anton-SuwindroPalembang, BP

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palembang mengingatkan pemilik usaha industri rumahan untuk tidak memanfaatkan momentum ibadah puasa, terhadap bisnis yang digeluti. Jika terdapat temuan, apalagi ada korban maka acaman pidana akan diberlakukan.

Kepala Dinkes Kota Palembang dr Anton Suwindro mengatakan pihaknya tetap pada prosedur pemeriksaan, jika ada temuan apalagi menyangkut zat berbahaya terhadap kesehatan, acaman sanksi dilakukan hingga ke tahap pidana.

Baca:  Waspadai Tahu dan Mie Kuning Berformalin

Pemilik usaha diharapkan tidak menggunakan atau menambahkan bahan makanan yang dilarang diantaranya formalin, boraks, pewarna methanyl yellow, pewarna rhodamin B serta pemanis buatan dan bahan lainnya yang berbahaya.

“Kita tetap secara persuasif melakukan teguran pelanggaran, namun jika ada temuan yang berbahaya apalagi ada korban, maka ancaman sanksi bisa ke pidana melalui aparat berwewenang. Jika sudah pidana, izin operasional sudah pasti dihentikan,” katanya, Senin (22/6).

Baca:  Waspadai Tahu dan Mie Kuning Berformalin

Pencabutan izin operasional kepada pelaku usaha yang nakal biasanya berkaitan dengan pelanggaran perizinan. Misalnya menggunakan kemasan yang masa pakai sudah habis, ataukah pelanggaran lain yang sudah diingatkan beberapa kali namun tidak diperbaiki.

Dijelaskan, saat ini untuk industri rumah tangga atau Produk Industri Rumah Tangga (P-IRT) Pangan yang masuk tahun ini hingga Juni sudah mencapai 66 sarana atau industri. Terdiri dari 43 industri yang membuat baru dan 23 industri yang melakukan daftar ulang perpanjangan. Oren

x

Jangan Lewatkan

Sopir Mobil Box Terjepit Stir

Palembang, BP–Setelah mobil box yang dikendarainya terlibat adu kambing dengan truk trailer di Jalan RE Martadinata, Kelurahan 3 Ilir, Kecamatan ...