Home / Sumsel / El Nino Berpotensi Datangi Sumsel

El Nino Berpotensi Datangi Sumsel

Palembang, BP
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi gelombang panas El Nino akan terbawa hingga ke 17 provinsi di Indonesia, termasuk diantaranya Sumatera Selatan.

Kasi Observasi Klimatologi dan Geofisika  BMKG SMB II Palembang Agus Santosa mengatakan, hasil monitoring perkembangan El Nino sampai dengan awal Juni 2015 menunjukkan kondisi sedang/moderat. Kondisi tersebut diperkirakan berlangsung hingga November 2015 mendatang.

El Nino adalah gejala penyimpangan (anomali) pada suhu permukaan Samudera Pasifik, tepatnya di sekitar pantai Barat Ekuador dan Peru yang lebih tinggi daripada rata-rata normal. El Nino terjadi karena pemanasan di ekuator samudra pasifik dan pemanasan global yang juga menjadi salah satu unsurnya.

El Nino hampir terjadi setiap tahunnya dan Indonesia merupakan salah satu negara yang sering terkena dampak El Nino karena letak geografisnya yang strategis di Samudera Pasifik. Provinsi lain yang juga akan terkena dampak El Nino diantaranya yakni Lampung, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Sumatera Utara, NTB, Aceh, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, serta Jawa Tengah.

“BMKG akan melakukan monitoring terus-menerus, terhadap gejala El Nino ini. Secara umum, El nino bukanlah faktor pemicu kekeringan di Indonesia namun juga ada faktor lainnya seperti Dipole Mode dan SST di Indonesia,” tuturnya, Kamis (18/7).

El Nino pun mengakibatkan kemunduran awal hujan di beberapa wilayah. Agus menuturkan, fenomena El Nino yang tidak terlepas dari suhu permukaan laut fasifik kondisinya sekarang tidak terlalu menakutkan, meski harus tetap diwaspadai.

“Masyarakat Sumsel tetap perlu waspada, karena indeks El Nino dapat saja berubah secara drastis ke level tinggi atau kuat dan sebaliknya,” ujarnya.

Dia menjelaskan dalam kondisi cuaca sekarang ini, kawasan Indonesia ada yang masih hujan dan ada yang telah dilanda kekeringan. Berdasarkan pengamatan melalui satelit cuaca, intensitas curah hujan di Sumsel pada bulan ini masih cukup tinggi berkisar 201-300 milimeter.

“Kami berharap masyarakat Sumsel dapat menghadapi kemungkinan perubahan cuaca yang ekstrim serta dapat meminimalkan kerugian,” tandasnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

BM PAN Sumsel Adakan Jambore Barisan Muda Penegak Amanat Nasional

Palembang, BP Sebagaimana Amanat Kongres V Barisan Muda (BM) PAN di Jogja beberapa waktu yang lalu, yakni konsolidasi organisasi dan ...