Home / Olahraga / Pemprov Sumsel Akan Bangun Arena Anggar

Pemprov Sumsel Akan Bangun Arena Anggar

Palembang, BP

Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan berjanji membangun arena anggar mengingat tempat latihan yang saat ini dipergunakan atlet sudah tidak layak.

Sekretaris Daerah Sumsel Mukti Sulaiman dalam sambutannya pada pelantikan Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) Sumsel, kemarin, mengatakan, Pemerintah meminta IKASI untuk segera membuat usulan mengingat mekanisme realisasi perencanaan butuh proses yang tidak sebentar.

“Bagaimana pemerintah bisa membantu jika tidak ada usulannya. Jadi segera dibuat usulannya supaya segera ditindaklanjuti,” kata Mukti.

Ia tidak menyangkal, keberadaan tempat latihan ini merupakan bagian vital dalam pembinaan olahraga.

Meski anggar Sumsel mampu berprestasi di tingkat nasional dan internasional dalam kondisi sarana latihan yang tak layak, menurut Mukti, akan lebih baik jika lebih difasilitasi sarana dan prasarananya.

“Saya dengar, tempat latihan masih di bawah tribun Stadion Jakabaring. Bocor pula. Ini tentu tidak layak, dan segeralah lembaga terkait mengatasinya, yakni bagaimana IKASI dan KONI saling bekerja sama menyambungkan lidah ke pemerintah,” kata dia.

Menurutnya, tak hanya mempersiapkan sarana dan prasarana, kepengurusan ini juga harus memperhatikan atlet secara lebih detail untuk tetap berprestasi.

“Tidak mudah menjadi pengurus cabang olahraga. Makanya saya dari dulu tidak mau, karena merasa kekurangan waktu. Kemudian yang tak kalah penting mampu menyediakan dana. Dalam olahraga ini, dana teramat penting. Baru kemudian menyumbangkan buah pikiran,” kata dia.

Ia menambahkan, seorang pengurus cabang olahraga harus mau mengayomi dan dekat dengan atlet, serta rela berkorban.

“Jika perlu harus tahu atlet satu per satu, tahu latar belakang kehidupan sosial ekonominya karena biasanya orang berprestasi dipengaruhi itu. Kemudian jika ada uang, jangan untuk pengurus tapi untuk atlet,” tegasnya.

Terkait saran Sekda Pemprov Sumsel ini, Ketua Pengurus Provinsi IKASI Sumsel Nasrun Umar menyatakan siap mengemban kepercayaan yang diberikan.

Tak hanya membidik pemerintah, IKASI Sumsel juga akan melayangkan proposal ke PB IKASI karena sebelumnya juga membangun arena anggar di Manado, Sulawesi Utara.

“Saya berjanji membawa anggar Sumsel tetap berprestasi di tengah keterbatasan. Apa yang bisa dilakukan, akan dilakukan untuk anggar Sumsel dengan memperkuat komitmen dan kerja sama tim,” kata dia

Cabang anggar Sumsel hingga kini masih merajai pentas nasional dengan menjadi juara umum pada PON Riau tahun 2012. Terakhir, pada perhelatan SEA Games 2015, mampu menyumbangkan delapan atlet dalam Tim Nasional dan menyumbangkan satu perak dan empat perunggu.

Kepengurusan IKASI Sumsel resmi terbentuk setelah cukup lama tidak memiliki ketua umum. Untuk diketahui, Nasrun Umar dalam pemerintahan Sumsel menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi tingkat provinsi. O sug

 

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Timnas All Star Serbu OKU

OKU, BP Punggawa Timnas All Star baru saja mengakhiri tour di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kini tim besutan dari ...