Home / Pendidikan / Memupuk Minat Membaca Lewat Lomba Pidato dan Berdongeng

Memupuk Minat Membaca Lewat Lomba Pidato dan Berdongeng

Palembang, BP

Memperingati Hari Ulang Tahun Kota Palembang yang ke-1322, Badan Arsip Perpustakaan dan Dokumentasi (BAPD) Kota Palembang menggelar lomba pidato berbahasa Inggris dan lomba mendongeng bagi para guru TK /PAUD se Kota Palembang, Senin (15/6).

Acara lomba yang digelar di pelataran Museum Sultan Mahmud Badarudin II ini bekerja sama dengan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GMPB) PKK kota Palembang dan Ikatan Sarjana Wanita Provinsi Sumsel.

Kepala BAPD Palembang Hj Asmawati, S.pd, MM melalui Kabid Perpustakaan Syarifudin mengatakan, kegiatan ini merupakan program tahunan yang diadakan BAPD dalam menyambut hari jadi Kota Palembang.

“Untuk tahun ini, kami ingin menggalang semangat gemar membaca sebagai salah satu wujud untuk menciptakan Palembang Emas 2018. Tema pidato dan dongeng semua berhubungan dengan Kota Palembang,” katanya.

Ia menjelaskan, peserta yang mengikuti lomba kemarin terdiri dari 58 orang untuk lomba pidato berbahasa Inggris tingkat SMA, sedangkan lomba berdongeng bagi guru TK /PAUD diikuti 60 peserta.

“Syukur tiap tahunnya antusias peserta lomba semakin meningkat. Dibandingkan tahun kemarin, jumlah peserta tahun ini jauh lebih banyak,” ujarnya.

Ia berharap dari kegiatan ini dapat membuat masyarakat Palembang kembali gemar membaca, khususnya bagi kalangan pelajar, yang minat bacanya saat ini sangatlah kurang.

“Kami ingin menggemakan kembali kegiatan gemar membaca di kalangan masyarakat. Apabila masyarakat kita sudah gemar membaca dan senang berkunjung ke perpustakaan, maka visi Palembang sebagai Kota Emas pasti akan cepat terealiasi,” bebernya.

Salah satu peserta lomba berpidato, Revalina, siswa kelas 11 SMAN 10 mengatakan, dirinya sangat senang dapat mengikuti lomba pidato.

“Baru pertama kali ini ikut lomba pidato berbahasa Inggris tingkat kota. Sebelumnya paling sebatas tingkat sekolah. Makanya sedikit gugup,” ujar Revalina.

Menurutnya, lomba ini bisa meningkatkan keberanian siswa dalam berbicara menggunakan Bahasa Inggris.

“Di sini kami dilatih untuk berani bicara bahasa Inggris. Ini juga untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana berbahasa Inggris yang baik dengan cara berpidato,” pungkasnya. O adk

 

 

x

Jangan Lewatkan

UKB Incar Akreditas A di Tahun 2020

Palembang, BP — Sebagai salah satu kampus swasta terkemuka di Palembang, Universitas Kader Bangsa (UKB) terus melakukan upaya peningkatan kualitas ...