Home / Pendidikan / ‘GenRe’ Bergulir di Sabilul Hasanah

‘GenRe’ Bergulir di Sabilul Hasanah

Palembang, BP

Pondok Pesantren (Ponpes) Sabilul Hasanah di Desa Purwosari, Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Banyuasin, menjadi yang pertama menjalankan program ‘GenRe (Generasi Berencana) Goes to Ponpes’.

Peluncuran program tersebut dilakukan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan, Senin (15/6). Dengan adanya peluncuran ini, ponpes yang menampung sebanyak 200 orang santri itu, langsung membentuk Pusat Informasi dan Konseling Remaja.

Setelah ini ditargetkan ada dua ponpes lagi yang akan jadi penyelenggara program ‘GenRe Goes to Ponpes’ di tahun ini. Selama dua tahun berikutnya, tiap kabupaten dan kota sudah harus punya Pusat Informasi Konseling yang menjadi wujud ‘GenRe Goes to Ponpes’.

“Kami sudah kukuhkan kepengurusan Pusat Informasi dan Konseling Remaja. Kita harapkan akan berkembang guna menuju pondok pesantren percontohan,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Sumsel Drs Aan Jumhana Mulyana, MSi usai acara peluncuran.

Dikatakan, program ini dimaksudkan untuk mendorong kalangan remaja untuk semakin memahami mengenai manfaat pendewasaan usia perkawinan.

Menurutnya, remaja perlu mendapat perhatian serius. Sebab tiga hal yang merusak generasi bangsa ini berkutat pada narkoba, seks bebas, dan HIV/AIDS.

Masalah ini semakin urgen untuk diatasi karena di Indonesia jumlah remaja menembus 64 juta jiwa atau sekitar 27,6 persen dari jumlah penduduk Indonesia berdasarkan sensus penduduk 2010.

“Di Sumsel sendiri, remaja dengan usia 10-24 tahun pada 2010 sebanyak 2,4 juta jiwa atau 33,5 persen dari 7,4 juta jiwa total penduduk. Wajar kalau dapat perhatian khusus. Apalagi, remaja merupakan generasi penerus bangsa,” jelasnya.

Salah satu upayanya dengan menjalankan GenRe Goes to Ponpes. Program ini akan jadi tameng bagi para generasi muda, khususnya para santri, dalam menangkal narkoba, HIV/AIDS, ajakan seks di luar nikah, kawin muda, kehamilan di luar nikah, dan masalah kompleks lain.

GenRe Goes to Ponpes nyaris serupa dengan program serta sosialisasi yang dilakukan sebelumnya pada sekolah SLTP, SLTA dan perguruan tinggi.

“Tapi kali ini sasaran kita Ponpes. Sabilul Hasanah menjadi pondok pesantren pertama yang menerapkan GenRe Goes to Ponpes,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Ponpes Sabilul Hasanah Zainuddin mengatakan, program ini jadi tantangan bagi pengurus ponpes dan santri untuk menjalankannya.

“Program ini sejalan dengan ajaran Agama Islam. Kami dari Pondok Pesantren Sabilul Hasanah akan coba memberikan yang terbaik, sehingga tercapai hal yang diinginkan,” pungkasnya. O zal

x

Jangan Lewatkan

Marzuki Alie Tinggalkan Maaf ke IKA Unsri

Palembang, BP — Setelah menahkodai ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitae Sriwijaya masa bakti 2013-2017 akhirnya, tibalah Marzuki Alie lengser menyusul ...