Home / Hukum / Positif Metamfetamin Belum Tentu Pemakai Narkoba

Positif Metamfetamin Belum Tentu Pemakai Narkoba

Palembang, BP

metaminBanyak orang menilai ketika hasil tes urine menunjukkan seseorang positif mengandung metamfetamim, langsung dinyatakan positif menggunakan narkoba. Padahal, pada saat itulah pemilik urine tersebut belum tentu mengonsumsi narkoba.

Hal itu disampaikan, Kabid Dokter dan Kesehatan (Dokes) Polda Sumsel Kombes Pol Drg Soesilo Pradoto, Jumat (12/6). Ia mengatakan, sebelum menyatakan pemilik urine positif narkoba, terlebih dahulu untuk memastikannya setelah laboratorium melakukan pemeriksaan sampel darah terhadap yang bersangkutan.

“Jadi kalau saat dilakukan tes urine dadakan. Misalnya, dari kami menyatakan 30 orang mengandung metamfetamin itu belum tentu positif narkoba. Sehingga, belum dapat dinyatakan positif mengonsumsi narkoba,” ujar Soesilo, saat dijumpai di Mapolda Sumsel.

Dikatakan Soesilo, saat ini Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumsel dan Polda Sumsel jajaran bekerjasama dalam melakukan tes urine terhadap semua anggota kepolisian. Bahkan, dalam kegiatan pengambilan sampel urine Bid Dokes Polda Sumsel membentuk dua tim yang akan membantu pihak dari BNNP Sumsel.

“Nantinya, jika dari tes urine yang dilakukan ternyata di dapati urine positif mengandung metamfetamin, sampel urine tersebut akan kami rekomendasikan terlebih dahulu ke laboratorium,” kata Soesilo.

Pengajuan sampel tersebut, sambung Soesilo, sudah prosedur yang harus dilakukan untuk memastikan apakah memang benar pemilik urine tersebut pengkonsumsi narkoba atau bukan. Nanti, dari sana baru akan mengetahui hasilnya.

“Karena apa, misalnya pemilik urine itu saat hendak dilakukan tes narkoba dadakan dan kebetulan yang bersangkutan baru sudah minum obat batuk atau obat penurun berat badan yang mengandung metamfetamin, sehingga hal seperti inilah belum dapat kami pastikan positif mengkonsumsi narkoba,” tutur Soesilo.

#rio

x

Jangan Lewatkan

Tiga Sekawan Dicokok Pesta Ganja Depan Kantor Lurah

Palembang, BP–Sedang asyik-asyiknya mengisap ganja, tiga sekawan Alhafis (20) warga Jalan Sirna Raga, Lorong Jaya, Andreyansah (30) dan Dede Setiawan ...