Home / Hukum / Tergoda Jadi PNS, Rp25 Juta Raib

Tergoda Jadi PNS, Rp25 Juta Raib

Palembang, BP

BP/BELLY CASIO PENIPUAN PNS- Didampingi kuasa hukum dan anaknya, Rusnawati yang menjadi korban penipuan PNS, melapor ke SPKT Polresta Palembang, Selasa (9/6).

BP/BELLY CASIO
PENIPUAN PNS- Didampingi kuasa hukum dan anaknya, Rusnawati yang menjadi korban penipuan PNS, melapor ke SPKT Polresta Palembang, Selasa (9/6).

Impian Rusnawati (63), warga Jalan Ramakasih, RT 37 RW 09, Kelurahan Duku, Kecamatan Ilir Timur II Palembang, untuk melihat anaknya menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kandas seketika. Pasalnya, niat hati menempuh cara tak lazim pun berujung penipuan hingga menyebabkan dirinya menderita kerugian puluhan juta rupiah.

Pelakunya berinisial TY (55), warga Jalan May Zen, Kelurahan Selayur, Kecamatan Kalidoni Palembang, yang tak lain adalah keluarga jauh korban dan bekerja sebagai PNS salah satu dinas di Kecamatan Ilir Timur II. Atas kejadian itu, Rusnawati memilih menempuh jalur hukum.

“Terlapor ini mengiming-imingi klien kami jika bisa memasukan jadi PNS. Waktu itu terlapor menawarkan masuk PNS di wilayah Kabupaten OKI,” ungkap kuasa hukum pelapor Eti Gustina, saat mendampingi korban melapor, Selasa (9/6).

Kata Eti, korban yang tertarik dengan tawaran tersebut langsung menemui pelaku di kediamannya. Selanjutnya, korban diminta uang sebesar Rp35 juta oleh terlapor, yang kemudian dikirim dengan cara di transfer.

Menurutnya, usai uang kesepakatan itu di transfer, pelaku meminta korban mengikuti tes sesuai prosedur yang ada dan pelaku berjanji akan mengembalikan uang tersebut jika korban tak lulus tes.

“Kami sudah ikuti prosedur yang dikatakan pelaku. Tapi setelah tes ternyata anak pelapor ini tidak lulus dan uang yang telah ditransfer itu hanya dikembalikan sebesar Rp10 juta,” terangnya.

Merasa telah ditipu dan uang miliknya sebesar Rp25 juta telah digelapkan pelaku, korban terpaksa membawa kasus itu ke jalur hukum.

Sementara itu, Kepala SPKT Polresta Palembang Ipda Rajiman membenarkan atas laporan korban dengan tanda bukti Nomor : LP/B-1299/VI/2015/RESTA/SUMSEL.

“Sudah diserahan ke Satreskrim untuk ditindak lanjuti. Pelaku bisa dikenakan Pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan,” singkatnya.

#bel

x

Jangan Lewatkan

Ombudsman Sebut Banyak Pengusaha ‘Malas’ Lapor

Palembang, BP–Kesulitan pengusaha dalam mengakses pelayanan publik untuk berbisnis tidak lantas membuat para pengusaha melaporkan hal ini kepada Ombudsman Republik ...