Home / Sumsel / Banyuasin / IT Terbaik III Nasional, Banyuasin Menuju Smart Regency

IT Terbaik III Nasional, Banyuasin Menuju Smart Regency

DSC_0028Banyuasin, BP

Berhasil menjadi juara nasional IDSA 2014 di bidang informasi dan teknologi nasional, Banyuasin menjadi Kabupaten Pintar atau Smart Regency dan mengangkat Kota Pangkalan Balai sebagai Smart City.

Program ini resmi diluncurkan setelah penandatanganan MoU antara Bupati Yan Anton Ferdian dan GM PT Telkom Tbk Sumsel Hendrianto Toha sekaligus me-lounching
Call Center,Broadband Learning Center (BLC), Aplikasi e-Puskesmas,siap online, FO 6 kecamatan, RSUD dan 100 titik Wifi.id, Jumat (5/6), di gedung auditorium Pemkab Banyuasin. Disaksikan oleh Sekda H Firmansyah Msc, Kadishubkominfo Supriadi, Anggota DPRD Banyuasin M Yamin, SH, dan Kabid Pos dan Telkom Dishub Provinsi Sumsel.

Baca:  Banyuasin Kebagian Investasi Limbah Sabut Kelapa di Kawasan TAA

Dalam kata sambutannya, Bupati Banyuasin Yan Anton Ferdian mengatakan, Smart Regency ini merupakan alat pelayanan publik untuk memindahkan interaksi dan komunikaai kepada masyatakat luas serta menciptakan SDM yang andal, profesional, dan informatif di dalam menghadapi persaingan global saat ini. ”Semoga dapat berjalan dengan baik,” katanya.
Sebelumnya Banyuasin sudah merintis kemajuan TIK di mana infrasruktur penting yang merupakan portal pemerintah eletronik telah berjalan dengan baik dan terintegrasi dengan menggunakan fiber optik di seluruh SKPD di komplek perkantoran, RSUD, dan 10 kecamatan. Infrastruktur ini sudah saling terhubung menggunakan jaringan local area network (LAN) sehingga seluruh proses pertukaran data, proses keuangan, dan pelayanan publik berjalan tepat. “Selain itu, penerapan TIk ini juga mampu mendukung pemerintah daerah mewujudkan akuntabilitas kerja pelayanan yang profesional adminitrasi yang rapi dan keuangan yang akuntabel sehingga Banyuasin mendapat empat kali predikat WTP dari hasil audit BPK RI,” katanya.

Baca:  Komplek Perkantoran Banyuasin Sepi

Ditambahkan Kadishubkominfo Banyuasin Supriadi, SE, SMTr, Banyuasin Smart Regency memberikan kemudahan bagi masyarakat terutama di bidang IT. Seperti dengan call center, masyarakat dapat langsung menyampaikan keluhan dan mencari informasi terkait dinas dan instansi. “Tinggal telepon ke 07117690222, laporan itu langsung masuk ke ponsel bupati,” katanya.

Kemudian masyarakat juga dapat mendapat pelatihan TIK gratis, setelah mendapat serifikat BLC dari kementerian, sekaligus fasilitas pendukung, seperti komputer, meja, jaringan internet dan penunjang lainya. “Siapa saja warga Banyuasin yang ingin belajar IT, ajukan ke Dishubkominfo, nanti kami fasilitasi dan gratis,” ujarnya.#mew

x

Jangan Lewatkan

12 Teroris Berencana Serang Kantor Polisi di Sumsel

Palembang, BP–Sebanyak 12 terduga teroris yang ditangkap tim Densus 88 Antiteror pada Minggu (10/12) lalu masih menjalani pemeriksaan di Mako ...