Home / Hukum / Hoax, Info Pesawat TNI AU Jatuh

Hoax, Info Pesawat TNI AU Jatuh

Palembang, BP

Beredarnya informasi adanya pesawat latihan terjatuh milik Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU), di kawasan Semendawai Timur, Kabupaten

Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Provinsi Sumatera Selatan, Jumat (5/6), hanya isu.

Dari pantauan dalam foto yang beredar di berbagai DP dan status Blackberry Messenger (BBM), jika pesawat latihan tersebut terjatuh di tengah-tengah persawahan. Bahkan, di dalam foto yang beredar juga nampak personil TNI mengenakan seragam AU dan Angkatan Darat (AD).

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) TNI AU Palembang Letkol PNB Riza Yudha Fahlefie, saat di konfirmasi sejumlah wartawan di Mapolda Sumsel melalui telepon seluler (ponsel), membantah adanya kejadian pesawat jatuh tersebut.

“Tidak ada, pesawat yang katanya jatuh, itu hanyalah isu saja. Begitu juga dengan foto yang beredar tersebut,” tegas Riza.

Masih dikatakan Riza, semua pesawat milik TNI AU Palembang tidak ada yang sedang beraktifitas saat ini dan semua pesawat sedang berada di pangkalan udara Palembang.

“Jadi saya tegaskan, itu hanya isu. Baik di pangkalan udara kami, maupun di penerbangan di Bandara SMB II Palembang tidak ada pesawat yang jatuh,” jelasnya.

Sementara itu, Humas Basarnas Palembang Taufan Tornadi menambahkan, mendapat informasi adanya pesawat TNI AU jatuh, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan Lanud Palembang.

“Kabar pesawat latih milik TNI yang jatuh di wilayah Sumsel itu, nihil, tidak ada itu. Kami belum dapat laporan,” kata Taufan.

Menurut Taufan, kabar adanya pesawat jatuh itu kemungkinan berasal dari Lampung. Sebab, sebelumnya Basarnas menerima informasi dari Lampung bahwa ada satu unit helikopter yang hilang kontak pukul 14.00, sekitar sepuluh menit.

Namun, sambung Taufan, setelah dilakukan penyelidikan, helikopter tersebut ternyata melakukan pendaratan darurat akibat kerusakan mesin. Dikabarkan, helikopter itu terbang dari Lanud Suryadharma Kalijati, Subang, Jawa Barat.

“Hanya ada helikopter yang putus kontak dari Lampung, tapi sudah terbang lagi. Tapi kami tidak dapat info tujuan helikopter itu ke mana,” tutur Taufan.

#rio

 

 

x

Jangan Lewatkan

Tiga Sekawan Dicokok Pesta Ganja Depan Kantor Lurah

Palembang, BP–Sedang asyik-asyiknya mengisap ganja, tiga sekawan Alhafis (20) warga Jalan Sirna Raga, Lorong Jaya, Andreyansah (30) dan Dede Setiawan ...