Home / Palembang / Waspadai Produk Tak Layak Saat Ramadhan

Waspadai Produk Tak Layak Saat Ramadhan

Palembang, BP

Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumsel akan melakukan razia rutin ke sejumlah pusat perbelanjaan dan distributor produk makanan dan minuman di Sumsel untuk mencegah produk tak layak konsumsi menjelang Ramadhan.

Kepala Disperindag Sumsel Permana mengatakan, pihaknya sudah menjadwalkan razia pada H-7 jelang Ramadhan, yakni sekitar 11 Juni. “Bulan Ramadhan sampai lebaran, tingkat konsumsi masyarakat akan tinggi. Momen seperti ini banyak dimanfaatkan oknum pedagang nakal untuk menjual makanan dan minuman yang tidak layak konsumsi,” tuturnya, Kamis (4/6).

Targetnya adalah sejumlah pasar dan pusat perbelanjaan serta ditributor penjual makanan dan minuman untuk mengecek barang yang diedarkan kepada masyarakat, termasuk isi parcel.

Tahun sebelumnya, Disperindag sering menjumpai makanan yang sudah kadaluarsa atau juga kemasan produk yang rusak. “Kami akan memberikan peringatan kepada oknum pedagang nakal untuk menandatangani surat perjanjian tidak menjual produk yang tidak layak lagi. Bila ke depannya orang yang sama masih menjual barang tak layak, Disperindag secara tegas akan merekomendasikan izin usahanya dicabut,” ujar Permana.

Dengan dilakukannya razia ini, Permana berharap akan mengatasi permasalahan yang bisa terjadi saat lebaran mendatang. “Masyarakat harus menjadi konsumen yang cerdas. Ketika berbelanja, jangan asal beli, namun meneliti terlebih dahulu mengenai komposisi yang terkandung di dalamnya, berikut juga tanggal kadaluarsa serta label SNI-nya apabila barang tersebut barang wajib label,” tukasnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

Ratusan Koperasi Tinggal Papan Nama

Palembang, BP — Pertumbuhan koperasi di Kota Palembang terbilang cukup signifikan terutama yang dibentuk oleh masyarakat. Dari total 1082 hampir setengahnya ...