Home / Bisnis / Songket Tersedia di Pasar 16 Ilir

Songket Tersedia di Pasar 16 Ilir

Palembang, BP

Kota Palembang tidak hanya terkenal dengan keragaman kuliner khas dan keindahan Jembatan Ampera. Namun, hasil kerajinan tangan warganya pun menjanjikan sesuatu yang spesial dan istimewa yakni songket.

Songket, kain tenunan khas Palembang yang sudah tersohor hingga ke mancanegara. Songket merupakan kain tenunan tradisional yang umumnya dikenakan pada acara resmi. Tidak susah untuk mendapatkan kerajinan khas yang satu ini. Meskipun saat ini rumah songket sudah tersedia di beberapa tempat, yakni di kawasan 30 Ilir. Songket juga tersedia di Pasar 16 Ilir.

Tak ada yang tidak tahu Pasar 16 Ilir. Sejak lama pasar itu menjadi denyut jantung perekonomian. Dimana semua orang dengan beragam dagangannya dan pembeli dengan sejuta kebutuhannya, menjadi satu di pusat ritel terbesar di Palembang ini.

Baca:  Paceklik, Pasar Saka Selabung Sepi Pengunjung

Termasuk songket pun ada di kawasan ini. Kawasan yang didatangi oleh ribuan orang tak hanya dari dalam daerah, songket 16 Ilir pun dibeli dari konsumen luar Palembang. Seperti yang diungkapkan oleh Salman, seorang pedagang, konsumen dari berbagai daerah datang untuk mencari songket, seperti Sungai Lilin, OKI, dan lainnya.

Motif songket yang khas disediakan tidak ada perubahan masih menggunakan motif yang telah digunakan dari turun-temurun para pengrajin. Seperti motif limar antik, bunga Cina, bunga pacar, dan lepus naga besaung.

Baca:  BOT Pasar 16 Ilir dan Kuto Diputus

“Konsumen dari beberapa daerah biasa datang untuk membeli songket yang kita jual, mulai dari Rp100 ribu hingga Rp3 juta. Karena di sini pusat perbelanjaan, jadi konsumen tidak mesti ke tempat lain setelah belanja, cukup ke sini,” katanya.

Salman memastikan, masyarakat dapat menemukan apapun di sini. “Untuk mendapatkan kain songket asli, dilihat dari tekstur kain. Benang emas ataupun perak, yang digunakan untuk menenun menimbulkan efek kemilau pada kain songket buat wong kito,” katanya.

Songket Palembang terkenal keindahannya. Karena itu, untuk jenis, bahan dan motif tertentu harganya mencapai jutaan. Di Palembang, kain songket dapat ditemukan di banyak lokasi, di antaranya di 30 Ilir Palembang, kawasan Ilir Barat Permai, serta bisa ditemukan pula di mal.

Baca:  Renovasi Pasar 16 Ilir Telan Dana Rp25 M

“Di 16 Ilir beragam motif songket bisa ditemukan. Selain harganya yang terjangkau, kita sediakan dari kualitas yang biasa dan yang paling bagus. Bisa dirasakan dari kelembutan kain,” kata Susi, pedagang lainnya. Susi mengaku, setelah Idul Fitri, masyarakat banyak mengadakan pesta perkawinan. “Saat ini sudah banyak yang cari songket. Sebentar lagi puasa dan Lebaran. Setelah itu, musim orang nikah di bulan haji,” katanya.#pit

x

Jangan Lewatkan

The 1O1 Hotel Rajawali Palembang Berikan Diskon Untuk Wartawan

Palembang, BP Untuk menghargai peran jurnalistik yang mencari, memperoleh, memiliki, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara dan ...