Home / Headline / Mendidik Harus Dengan Hati

Mendidik Harus Dengan Hati

Menjadi tenaga pendidik atau guru bukan perkara gampang. Terlebih tugas mencerdaskan bangsa ada di pundak para pahlawan tanpa tanda jasa ini.

Herlina, Kepala SMPN 1 Kecamatan Inderalaya Utara saat memberi pengarahan siswanya, di Kabupaten Ogan Ilir. (henny primasari)

Herlina, Kepala SMPN 1 Kecamatan Inderalaya Utara saat memberi pengarahan siswanya, di Kabupaten Ogan Ilir. (henny primasari)

Sudah 17 tahun, Herlina, Kepala SMPN 1 Kecamatan Inderalaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI), mengajar dan mengabdikan hidupnya untuk anak didiknya. Ini dilakukannya semata-mata hanya untuk mencerdaskan anak bangsa yang ada di Kabupaten OI.

Sabtu (30/5) siang, Herlina terlihat asyik memberi nasihat kepada siswa di sekolah yang berbasis standar nasional pendidikan itu. Para pelajar diberi pengetahuan tentang bagaimana belajar yang baik agar cita-cita mereka tercapai. Perhatian Herlina tertuju pada wajah siswanya yang terlihat fokus mendengarkan nasihatnya.

Menurut Herlina, mengajar adalah sebuah panggilan jiwa. Terkadang ia juga masih mengajar bidang studi PPKN kepada murid-muridnya. Sejak kecil, istri Taufik ini memang bercita-cita menjadi guru karena guru mampu memberikan perubahan kepada dunia pendidikan dan membuat murid tahu tentang pengetahuan.

Baca:  Babinsa Pulokerto Silaturahmi Dengan Guru SD Negeri 151 Pulokerto

Herlina mengaku tak ada keluhan selama dirinya menjadi guru sejak tahun 1998. Ia mengawali karier di SD Mesuji, Kabupaten OKI. Kala itu jarak rumah dengan tempatnya bekerja cukup jauh karena harus bolak-balik Palembang-OKI.

Namun jarak yang jauh tidak membuatnya luntur bertugas. “Jauh memang, tapi kalau sudah masuk kelas menjadi senang karena murid-muridnya antusias belajar. Semangat untuk menimba ilmu pengetahuan tinggi, jadi tidak ada beban sama sekali,” ujarnya yang pada awal mengajar harus menginap di ruang keterampilan.

Lebih lanjut Herlina menuturkan, dalam mengajar dan mendidik harus melibatkan hati. Tidak hanya fokus pada peningkatan nilai, namun juga pada pendidikan perilaku dan etika.

Baca:  Orangtua Dan Guru Harus Atasi Kenakalan Remaja

“Jadi diperlukan pembimbing individual terhadap anak. Terkadang orangtua menyerahkan seutuhnya anak kepada pihak sekolah untuk dididik. Padahal sangat penting perhatian dan pendidikan orangtua di rumah. Anak melakukan kesalahan karena kurang perhatian orangtua yang terlalu sibuk. Di sinilah peran penting guru mendidik dengan hati,” katanya.

Memberikan perhatian ekstra kepada murid, menanyakan apa ada persoalan di rumah sehingga membuat prestasi akademik siswa menurun harus menjadi perhatian para guru.

“Perlu juga menanyakan kondisi murid dan sebagainya. Kalau mereka jujur kita bisa lebih cepat menemukan solusi sehingga bisa membuat anak didik kembali berprestasi,” ujar Herlina yang tinggal di Perum Serumpun Blok C-21.

Herlina sendiri pernah punya pengalaman menghadapi murid yang tidak mau berkomunikasi lantaran orangtuanya baru bercerai. Ia kemudian melakukan pendekatan sehingga siswanya mau berkomunikasi bahkan prestasinya meningkat dan diterima di SMA Sampoerna lalu kuliah gratis di Jakarta.

Baca:  Kabupaten Empatlawang Kekurangan Guru

“Ada juga pengalaman anak yang pintar namun tidak percaya diri karena faktor ekonomi. Kita beri motivasi hinga sang anak mampu menunjukkan kemampuannya dan diterima lagi di SMA Sampoerna,” jelasnya

Herlina berharap semua guru profesional, bertanggungjawab, sesuai apa yang telah diamanahkan negara.

Herlina sendiri merupakan guru teladan tingkat Sumsel meraih juara 3 tahun 2011, juara 1 lomba musyawarah guru mata pelajaran tingkat Sumsel tahun 2011, juara 2 lomba karya tulis ilmiah tahun 2012, dan finalis karya tulis forum ilmiah guru 2012.

Salah satu siswanya, Ade mengaku senang jika Herlina mengajar di kelasnya. Pasalnya selain metode pengajaran yang nyaman juga sering memberikan nasihat. “Ibu (Herlina-red) sering mengingatkan agar tidak lupa belajar, berdoa, dan berusaha karena itu kunci keberhasilan,” katanya. #hennypimasari

 

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Pelayanan Publik di Muba Kekinian dan Tidak Bikin Sulit

Sekayu, BP–Meski berada di level Kabupaten namun pelayanan dan kecanggihan berbasis digital di Bumi Serasan Sekate tidak bisa disepelehkan, guna ...