Home / Palembang / Palembang Bebas Rokok Saat Asian Games

Palembang Bebas Rokok Saat Asian Games

Palembang, BP

Komisi Nasional (Komnas) Pengendalian Tembakau meminta Pemprov Sumsel menerapkan Hari Tanpa Rokok selama penyelenggaraan Asian Games 2018.

Komnas Pengendalian Tembakau akan bekerja sama dengan WHO, Yayasan Paru, Yayasan Kanker, dan Yayasan Jantung untuk pencanangan ini. Rencananya, pencanangan Asian Games Bebas Rokok ini akan dilakukan September 2015.

Ketua Komnas Pengendalian Tembakau dr Prijo Sidipratomo, SpRad mengatakan, mayoritas perokok di Indonesia adalah masyarakat yang berusia mulai di atas 13 tahun yang merupakan pemuda-pemudi. Hal itu berawal dari coba-coba dan akhirnya terbiasa.

Banyak juga yang terpengaruh karena lingkungan sekitar terbiasa dengan merokok. Apalagi penjualan rokok di Indonesia sangat bebas. Meski rokok merupakan barang kena bea cukai, namun konsumen rokok dapat membelinya bersama sembako dan warung-warung pinggir jalan.

“Bahkan rokok dijual secara eceran atau diketeng. Sehingga walaupun konsumen tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli satu bungkus, dia dapat membelinya satu batang dengan harga yang murah,” tuturnya. #idz

x

Jangan Lewatkan

Ratusan Koperasi Tinggal Papan Nama

Palembang, BP — Pertumbuhan koperasi di Kota Palembang terbilang cukup signifikan terutama yang dibentuk oleh masyarakat. Dari total 1082 hampir setengahnya ...