Home / Bisnis / Jasa Raharja Bayar Santunan Rp10,1 M

Jasa Raharja Bayar Santunan Rp10,1 M

Palembang, BP

PT Jasa Raharja Sumatera Selatan (Sumsel) hingga April 2015 sudah membayar santunan Rp10,1 miliar. Kecelakaan 75 persen didominasi oleh transportasi darat, terutama kendaraan bermotor.

“Tahun 2014, Jasa Raharja sudah membayarkan santunan sebesar Rp36,6 miliar. Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan tahun 2013, sebesar Rp41,6 miliar. Pembayaran santunan di tahun 2014, mengalami penurunan 6 persen dibandingkan 2013,” kata Suratno, Plt Kepala Cabang PT Jasa Raharja (Persero) Sumatera Selatan, Senin (25/5).

Baca:  Klaim Jasa Raharja Meningkat

Pihaknya menyebutkan turunnya tingkat klaim kecelakaan karena mulai adanya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, sehingga minimnya terjadi kecelakaan. “Penurunan ini terjadi karena peningkatan kesadaran masyarakat terhadap keselamatan dalam berlalu lintas. Hal ini juga didukung sosialisasi keselamatan berlalu lintas yang dicanangkan oleh Kesatuan Polisi Lalu Lintas,” katanya.

Menurutnya, kecelakaan tersebut 75 persen korban adalah usia produktif dan berasal dari daerah dibandingkan dengan korban kecelakaan yang ada di perkotaan. Menurutnya, yang menjadi kendala dalam pembayaran klaim ini karena orang tersebut tidak memiliki kartu identitas yang lengkap.

Baca:  Dana PKBL Tersalurkan Rp560 Juta

“Kendala yang paling sering ditemui adalah sulitnya menemukan ahli waris dalam pengurusan administrasi dari ahli waris tersebut. Kebanyakan ahli waris tidak memiliki kartu identitas sehingga pencairan dana klaim yang bisa dilakukan dalam dua hari harus diundur,” katanya.

Untuk mengatasi permasalahan ini, Jasa Raharja menyiapkan mobil layanan keliling rumah sakit dan kantor polisi untuk mengetahui orang-orang yang mengalami kecelakaan dan membantu pengurusan pencairan klaim. Dana klaim kematian kecelakaan darat sebesar Rp25 juta, dana klaim perawatan Rp10 juta, dan klaim kecelakaan udara Rp50 juta dengan klaim perawatan Rp25 juta.#pit

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online
x

Jangan Lewatkan

Kini Pembayaran Tagihan Jargas Terintegrasi dengan Layanan Bank Sumsel Babel

Palembang, BP Bertempat di Kantor PT Sarana Pembangunan Palembang Jaya, Bank Sumsel Babel bersama dengan PT SP2J dan perwakilan Alfamart ...